Blogspot dan WordPress.com

Banyak rekan kita yang saat ini merasa ‘gondok’ dengan ketat-nya aturan main yang berlaku di WordPress.com. Saya hanya bisa memaklumi jika saat ini mereka mulai berpikir untuk pindah ke Blogspot setelah blog mereka berkali-kali di-banned pihak WordPress.

Saya juga mempunyai blog di Blogspot. Usianya satu minggu lebih tua dari blog ini. Pada awalnya saya menjadikan nandobase.blogspot.com sebagai blog serius saya, sementara nandobase.wordpress.com hanyalah blog untuk main-main saja. Saya sendiri sempat berpikir untuk meninggalkan WordPress.com hanya beberapa jam setelah sign up. Saya harus menghadapi ‘kenyataan’ bahwa WP.com tidak mengizinkan usernya untuk upload theme dari luar dan juga tidak megizinkan pemasangan adsense. Dan yang terberat adalah, WP.com tidak segan-segan memblokir weblog yang berani melanggar aturan! Sungguh berbeda dengan Blogspot yang pada dasarnya membiarkan kita berbuat apa saja terhadap blog kita.

Tetapi kemudian saya menyadari ada sesuatu yang unik yang dimiliki WP.com yang tidak dimiliki blogspot; Support Forum dan Tag Listings. Support Forum adalah sebuah media yang digunakan para blogger WP.com untuk berinteraksi antara sesama anggota. Kita bisa bertanya tentang masalah teknis perbloggingan, aturan main, bahkan tips dan trik untuk menjadi blogger yang lebih baik. Dan yang terutama adalah, kita bisa membangun persahabatan dengan para blogger WP.com lainnya. Sementara Tag Listings adalah sebuah media yang mempromosikan blog kita secara otomatis setiap kali kita mempublikasikan tulisan-tulisan terbaru. Kedua media ini sudah tentu meningkatkan traffic untuk blog kita. Dan ini adalah sesuatu yang tidak ternilai harganya, mengingat bahwa traffic adalah segalanya bagi para blogger dan website pada umumnya. Dan kita mendapatkan itu semua secara gratis.

Media-media ini tidak dimiliki oleh Blogspot. Setelah kita mendandani blog sesuka kita tanpa ada yang melarang, kita dibiarkan berjuang sendirian untuk meningkatkan traffic. Posting demi posting kita terbitkan. Promosi demi promosi kita lakukan pada berbagai media pertemanan dan sejumlah komunitas blogger. Tetapi hasilnya tetap kurang signifikan mengingat WP.com juga bisa melakukan promosi dengan cara yang sama, ditambah dengan Support Forum dan Tag Listing khusus untuk anggota WP.com seperti yang sudah disebutkan di atas.

Pada akhirnya, jumlah traffic yang lebih besar pada WP.com membuat saya lebih bersemangat menulis di sini dibandingkan di Blogspot. Nandobase.wordpress.com saat ini menjadi blog utama saya sedangkan nandobase.blogspot.com menjadi blog main-main. Jumlah komentar yang saya terima di sini sudah mencapai lebih dari 100  dengan reply dari saya sendiri sekitar 40. Sementara jumlah komentar yang ada di Blogspot adalah 4 buah dengan reply sebanyak 2 buah. Tentu anda mengerti, mengapa akhirnya saya menjadikan blog ini sebagai blog utama saya :).

Traffic dan Comments adalah segalanya…………..

Tulisan Terkait:

My 50th Post, the Review
Mesin Detektor WordPress.com
Box Komentar Berubah Lagi

10 thoughts on “Blogspot dan WordPress.com

  1. kalo di blogspot tidak bisa mengganti nama kita kalo ga salah yah, trus ga ada info up date, dan tema yang dibunakan di wordpress bisa dirubah. Salam kenal semua :D

Ayo, Kasi Komentar doooong......

