Yunani

Zeus, king of Gods

Yunani adalah negara yang memiliki sejarah terpanjang di Eropa. Negeri ini sudah menjadi kerajaan besar dan kuat saat negara-negara lain belum ada dan masih berupa suku-suku kecil yang tersebar di seluruh penjuru Eropa. Kehidupan di Yunani diperkirakan sudah ada sejak tahun 3000 Sebelum Masehi. Itu berarti negeri ini ada setelah zaman Rasul ke 3, Nabi Nuh dan sebelum Rasul ke 4, Nabi Hud.

greece

Peta Yunani

Pada awalnya Yunani juga terdiri dari beberapa kerajaan yang saling menyerang antara satu dengan lainnya selama ribuan tahun. Beberapa kerajaan yang sangat terkenal di zaman Yunani Kuno adalah AthenaSparta dan Troya. Dan kita mengenal seorang pahlawan mitos asal Sparta yang konon kebal terhadap bermacam senjata bernama Achilles yang memadu kasih dengan Helen, istri Raja Hector dari Troya (Helen of Troy).

achilles

Achilles

Peperangan yang berlarut-larut membuat Yunani selalu berinovasi dalam menciptakan peralatan perang baru dan juga dalam bidang arsitektur. Salah satu inovasi hebat yang masih dikagumi pakar militer hingga saat ini adalah sebuah jebakan yang dibuat bangsa Sparta untuk kerajaan Troya dalam bentuk sebuah patung kuda raksasa. Patung ini dikenal dengan nama Trojan Horse.

trojan horse

Kuda Troya

Jebakan patung kuda ini akhirnya memunculkan ungkapan yang sangat terkenal;

“Timeo danaos et dona ferentes.”

Artinya; “Saya takut pada orang Yunani, walaupun mereka datang membawa hadiah.”

Yunani memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan Eropa. Mereka-lah yang mempelopori terbentuknya negeri penjajah terbesar zaman kuno, yaitu Kekaisaran Romawi pada abad XVII Sebelum Masehi dan Frankia pada abad  V Sebelum Masehi.

Perdamaian tercipta pada tahun 776 Sebelum Masehi, ditandai dengan adanya perlombaan olahraga pada sebuah arena yang dibangun di kaki pegunungan Olympia. Sebuah event yang saat ini disebut sebagai Olimpiade Kuno.

Arena olimpiade kuno

Salah satu arena olimpiade kuno yang sangat megah di zamannya.

Pada tahun 500 Sebelum Masehi, Kekaisaran Persia dari Iran berhasil menguasai wilayah Yunani Utara, Turki dan Iraq. Negeri penakluk asal Asia ini gagal menguasai Yunani Tengah pada tahun 490 Sebelum Masehi karena seorang prajurit bernama Pheidippides dari Yunani Utara berlari menuju ke Yunani Tengah untuk menyampaikan pesan agar Yunani Tengah bersiap menghadapi serangan Persia. Prajurit ini berlari tanpa henti sejauh lebih dari 40 km dan tewas setelah berhasil meyampaikan pesannya. Dunia memperingati jasa sang prajurit ini dengan mengadakan lomba lari marathon dalam setiap kesempatan.

Pada tahun 480 Sebelum Masehi, Persia kembali menyerang dan berhasil menguasai Yunani tetapi kembali terusir setahun kemudian. Pada akhirnya kerajaan-kerajaan di Yunani setuju untuk bersatu demi mempertahankan diri dari serangan Persia selanjutnya. Philip II dinobatkan sebagai pemimpin Yunani Bersatu yang pertama.

Setelah Philip II terbunuh, putranya Alexander III menggantikannya sebagai pemimpin dan berhasil memperluas kerajaan Yunani hingga ke tanah Arab. Mereka berhasil menaklukkan Persia pada tahun 330 Sebelum Masehi hingga Alexander III dikenal dengan sebutan Alexander the Great atau Iskandar Agung.

the great alexander

Alexander yang Hebat

Setelah Alexander mangkat, Yunani jatuh ke tangan Romawi mulai tahun 200 Sebelum Masehi dan menjadi Kekaisaran Byzantium selama lebih dari 1 milenium. Hingga akhirnya Kerajaan Frankia datang dan menjadi penguasa baru Yunani pada tahun 1204. Pada abad XV, Kekaisaran Ottoman Turki berhasil menguasai Yunani. Pada tahun 1830, Yunani berhasil melepaskan diri dari Ottoman setelah Rusia, Inggris dan Perancis ikut campur dan mengusulkan perjanjian damai.

Pada abad XIX, pecah perang antara Rusia dan Ottoman. Yunani berusaha membantu Rusia, tetapi dengan persenjataan yang tidak memadai dan prajurit yang tidak terlatih, Yunani dengan mudah dikalahkan Ottoman.

Setelah Perang Dunia I, Yunani menjadi negara republik melalui referendum tahun 1924. Tetapi kembali menjadi monarki pada tahun 1935 dan menjadi fasis tahun berikutnya. Fasis Italia datang untuk menguasai Yunani tahun 1940 tapi gagal. Nazi Jerman datang tahun berikutnya dan berhasil menguasai Yunani.

Negara ini kembali merdeka setelah Perang Dunia II tetapi mengalami perang saudara antara komunis dengan non-komunis pada tahun 1960-an yang mengakibatkan kehancuran infrastruktur dan ekonomi. King Constantine II diusir dari singgasana oleh komunis pada tahun 1965. Militer Yunani yang dibantu AS berhasil menggulingkan pemerintah komunis pada tahun 1967, tetapi kemudian direbut kembali oleh komunis pada tahun 1973. Tahun berikutnya, Turki datang menginvasi Cyprus sehingga komunis-pun jatuh.

Yunani dikenal tidak hanya sebagai pelopor kemajuan Eropa, tetapi juga sebagai pelopor kompetisi olahraga dengan diadakannya Olimpiade Kuno ribuan tahun silam. Negeri ini bukanlah sebuah kekuatan dalam bidang sepakbola. Tetapi pada Euro 2004 di Portugal, mereka mengejutkan dunia dengan mengalahkan tuan rumah Portugal 2-1 di putaran grup dan seri saat melawan Spanyol. Mereka lolos ke perempat final sebagai peringkat 2 di bawah Portugal, menyingkirkan Spanyol dan Rusia. Di perempat final mereka mengalahkan juara bertahan Perancis 1-0.

Di semifinal, Yunani berhadapan dengan Republik Cheko yang tampil perkasa di partai-partai sebelumnya. Sembilan puluh menit pertama berakhir 0-0 sehingga harus dilanjutkan dengan extra time. Yunani berhasil mencetak gol dan melaju ke babak final untuk kembali berhadapan dengan tuan rumah Portugal. Dan kembali mereka berhasil mengalahkan tuan rumah hingga akhirnya dinobatkan sebagai juara Eropa untuk pertama kali.

Semua kemenangan yang didapat Yunani menghadapi tim kelas berat Eropa memang hanyalah kemenangan tipis. Tetapi tidak satupun didapat melalui adu penalti. Jadi mereka memang pantas menjadi juara pada tahun 2004 lalu.

yunani

Tim Nasional Yunani

Untuk Euro 2012 ini, Yunani tergabung di Grup A bersama tuan rumah Polandia, Rusia dan Rep. Cheko. Pada partai pertama, Yunani akan berhadapan dengan Polandia nanti malam pukul 23.30 wib di National Stadium, Warsawa, Polandia.

Saat ini hasil poling menunjukkan bahwa Yunani sama sekali tidak diunggulkan di Grup A. Untuk pertandingan nanti malam melawan Polandia, banyak yang menganggap bahwa Yunani akan kalah. Sementara saya tetap berkeyakinan bahwa Yunani pasti mampu merebut setidaknya satu poin nanti malam. :)

euro 2012

www.pondokmaya.com

About these ads

6 thoughts on “Yunani

Ayo, Kasi Komentar doooong......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s