Nandobase Blogwalker

Yup, promosi tulisan itu memang penting untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke blog kita. Tetapi tidak semua blogger bisa menggunakan metode yang sama. Saya menghargai masukan dari para master di id.forum.wordpress yang mengatakan bahwa kami, para newbie, harus mempromosikan tulisan kepada seluruh teman kami melalui email, facebook dan lain-lain. Tetapi dengan segala hormat harus saya katakan bahwa cara ini tidak akan berhasil jika teman kita hanya sedikit (hiks).

Awalnya, yang saya lakukan dalam mempromosikan tulisan saya adalah; sering cuap-cuap di forum wordpress (mungkin para momods udah mulai bete dengan kelakuan saya yang satu ini). Tetapi belakangan ini saya mulai menyadari bahwa tidak semua blogger wordpress rajin main ke forum. Dan saya mulai memikirkan masukan dari Kyuutaro yang mengatakan agar saya rajin blogwalking dan meninggalkan jejak (baca: ngisi komen) di blog rekan-rekan wordpresser. Metode manual yang cukup meletihkan dan menghabiskan banyak waktu, memang. Tetapi jika dipikirkan lebih jauh, pendekatan interpersonal inilah yang digunakan Barack Obama dalam kampanyenya menuju kursi Presiden Amerika Serikat. Dan berhasil.

Lupakan protokoler. Datangi dan salami para calon voters. Ajak mereka bicara dan tatap mata mereka. Membuat para calon pemilih merasa dianggap penting dan didengarkan secara serius. Wow.

Saya sudah mulai menggunakan cara ini. Pertama-tama saya blogwalking ke situs rekan-rekan yang sering nongkrong di forum. Tetapi sekarang saya mulai nyamperin blog-blog rekan lain yang belum saya kenal. Ibarat pendekar Jedi kapiran yang turun gunung menjelajahi dunia maya.

Draft Corner Strikes Back…. Here I am, Nandobase Blogwalker…

Up… Up…. And away….. Wkwkwkwkw (<< suara bebek belajar terbang).

Tulisan Terkait:

Gobal Tag WordPress.com
Newbie coba-coba Modif Laman

One thought on “Nandobase Blogwalker

Ayo, Kasi Komentar doooong......

