Forum Internasional (en.forum) wp.com

Dua minggu terakhir ini, saya iseng-iseng blogwalk ke luar negeri. Maksudnya? Maksudnya, saya mendatangi sejumlah blog yang bukan milik orang Indonesia dan meninggalkan jejak di sana.

Untuk bisa mengetahui keberadaan dan alamat web blog-blog tersebut, saya sering ‘nongkrong’ di forum internasional wp.com, tempat berkumpulnya para blogger WordPress.com dari seluruh dunia. Sesekali saya juga memberikan komentar pada sejumlah thread yang ada.

Forum ini sudah pasti lebih ramai daripada forum Indonesia karena selain menjadi tempat nongkrong para blogger dari 4 negara berbasis bahasa Inggris (AS, Inggris, Australia dan Kanada), forum ini juga kerap didatangi para blogger dari negara lain yang tidak berbahasa Inggris (termasuk Indonesia).

Forum internasional ini adalah satu-satunya forum yang dipantau secara langsung oleh para staf support wp.com. Para blogger yang mengungkapkan berbagai masalah dan bug yang mereka hadapi di weblog mereka, sering mendapat penanganan langsung dari Support Staff. Dan para anggota Support Staff sendiri sering ‘nimbrung’ di forum ini dan memberikan komentar.

Tetapi seperti saya katakan sebelumnya, forum internasional ini adalah tempat berkumpulnya para blogger wp.com dari seluruh dunia. Berbagai tipe dan karakter manusia akan kita temui di sini. Komplain yang keras, kata-kata kasar serta perang opini adalah hal yang lumrah di sini, meskipun tidak tiap hari terjadi. Adalah hal yang aneh bagi saya jika seorang blogger komplain dengan kasar mengenai pelayanan dan aturan main yang berlaku di wp.com, padahal mereka menggunakan semua fasilitas yang ada di wp.com secara gratis (evidence #1 & evidence #2).

Perilaku seperti ini tidak pernah saya temui di forum wp.com Indonesia.🙂 Semua blogger Indonesia sepertinya sadar betul akan posisi dan statusnya di wp.com. Pertanyaan atau komplain selalu dilakukan dengan cara baik-baik. Dan ini, sedikit mengangkat rasa kebanggaan saya sebagai orang Indonesia (huuhuuuiii…).

Tetapi tidak ada salahnya koq nongkrong di forum internasional. Selain mendapat sejumlah kenalan baru, kita juga dapat meningkatkan ilmu per-blogging-an kita. Karena para blogmaster atau volunteer di sana senang berbagi ilmu, sama seperti para blogmaster di forum Indonesia.🙂 Hanya saja, jumlah para blogmaster di forum internasional memang lebih banyak daripada di forum Indonesia, dan mereka juga memiliki pengetahuan dan kecakapan yang berbeda-beda. Selain itu, mereka tinggal di zona waktu yang juga berbeda-beda, sehingga selalu ada minimal seorang volunteer yang siap membantu setiap saat kita bertanya.

Kadangkala ada juga para blogger yang ilmu-nya lebih rendah daripada kita datang dan mengajukan pertanyaan di forum. Jika anda memutuskan untuk membantu dan  menjawab pertanyaannya, jangan kaget kalau anda justru mendapatkan tanggapan yang ketus darinya. Itu biasa di forum ini, walaupun tidak terjadi setiap hari. Saya sendiri pernah ngalamin🙂. Para blogmaster dan volunteer di sini sering mengalami hal seperti ini, tetapi mereka tidak pernah kapok untuk terus membantu para blogger.

Selain tanggapan negatif, tanggapan positif juga pasti akan kita terima jika kita rajin membantu rekan sesama blogger di forum ini. Dan sudah pasti, kenalan kita juga akan bertambah banyak.

Tulisan Terkait:

Mesin Detektor WordPress.com
Gobal Tag WordPress.com

10 thoughts on “Forum Internasional (en.forum) wp.com

  1. heheheh.. ternyata banyak yang nggak tau diri ya di luar sana?

    Cukup ngasih inspirasi nih. Saya juga mau coba sesekali nongkrong di forum internasional.

    Makasih udah berbagi cerita ya😀

  2. mkin bg blogger skrg lbh memilih google ato mesin pencarian yg laen untuk mnyelesaikan masalah yg ia ,atau buat sesuatu daripada terjun dan myelesaikanya di forum wp.
    Salam saja dari saya gan.

  3. knp sy bilang demikian bro,cuba liat,berapa org yg daftar tiap ari/minggu di wp,tp yg muncul di forum wp bs diitung dgn jari uey.

    • Mungkin mereka ngga tau kalo kita punya forum technical support. Saya sendiri waktu pertama kali gabung juga ngga tau. Saya juga nyari di Google klo ada masalah dengan blog saya. Sampai akhirnya saya menemukan forum wp.com internasional (Inggris) dengan bantuan Google, lalu saya bookmark. Tapi pada waktu itu-pun saya tetap tidak tahu kalau ada forum wp.com khusus untuk blogger Indonesia. Sampai akhirnya saya iseng2 nge-klik link ‘forum’ yang ada di dasbor bagian paliiiing bawah.
      Saat menemukan forum Indonesia, senangnya luar biasa. Apalagi waktu itu forum kita masih sangat ramai dikunjungi para blogger.

Ayo, Kasi Komentar doooong......

