Jawaban untuk; ‘Newbie coba-coba Modif Laman’

Apa yang saya ketahui saat pertama kali bergabung dengan WordPress.com? Tidak Ada, Zip, Nada, Nol Besar. Yang saya tahu, WordPress.com adalah media perbloggingan gratis, sama seperti Blogspot.

Berangkat dari ketidaktahuan itulah akhirnya saya menuliskan postingan ‘Newbie coba-coba Modif Laman’ di blog ini pada tanggal 8 Februari 2011. Semua permasalahan awal yang saya dapatkan di WordPress.com saya tuliskan di situ tanpa pemecahan. Karenanya saya pikir, sudah waktunya bagi saya untuk menuliskan jawaban atas permasalahan yang pernah saya hadapi tersebut. Selamat membaca…….

Statement:

Terus terang saya sendiri masih bingung untuk menggunakan semua fitur yang ada di sini, jadi saya coba-coba saja semua. Dan akhirnya saya masuk ke forum berbahasa inggris di mana terjadi dialog antara sejumlah blogger dengan admin wordpress.

Di situ dijelaskan bahwa kita tidak bisa memuat link yang berhubungan dengan situs komersial (jangan tanyakan pada saya alamat forum tersebut, karena saya sudah lupa dan tidak bisa menemukannya lagi).

Forum tersebut ternyata adalah Forum WordPress Internasional dengan alamat url: http://en.forums.wordpress.com/. Dan dialog yang terjadi adalah antara sejumlah blogger dengan para volunteer, bukan admin wordpress. Salah satu volunteer tersebut adalah timethief (saya tidak akan pernah lupa dengan username unik seperti itu).

Statement:

Lebih jauh lagi, akhirnya saya berhasil menemukan sebuah statement dari wordpress yang mengatakan bahwa template baru hanya bisa di-upload pada domain pribadi (http://www.blogmu.com, bukan blogmu.wordpress.com). Di sini akhirnya saya berhenti mencoba meng-upload template baru saya (kembali saya harus meminta maaf, karena saya tidak berhasil menemukan kembali alamat statement ini).

Statement yang saya maksud ternyata adalah artikel dari dokumen Support 24/7 dengan alamat url; http://en.support.wordpress.com/. Forum Internasional dan dokumen Support ini waktu itu saya temukan setelah mencari-cari lewat Google tentang segala masalah yang saya hadapi di WordPress. Yang dimaksud dengan domain pribadi di atas adalah selfhosted WordPress.org.

Statement:

Jadi yang saya lakukan sekarang adalah, mencoba kembali sejumlah template yang memang sudah disediakan wordpress di sini. Saat ini saya sudah menemukan template yang saya suka, tetapi sejumlah link yang sudah saya buat (bukan link ke situs komersial) ternyata hilang.

Yang dimaksud dengan link di sini adalah blogroll. Blogroll saya ternyata kembali ke inactive widget setelah saya mengubah tema/template blog saya. Saya waktu itu mengutak-atik semua link tetapi tetap tidak muncul kembali ke sidebar. Saya tidak tahu kalau saya harus menarik widget-nya dari inactive widget ke sidebar. Beruntung waktu itu Forum WordPress Indonesia sudah saya temukan. Dan saya langsung mengajukan pertanyaan di forum tersebut. Pertanyaan tersebut direspon oleh kyuutaro (yang waktu itu saya kira laki-laki) pada thread ‘Blogrollku hilang, hiks….’ Saat ini sepertinya kyuutaro sudah pensiun ngeblog dan kembali ke kehidupan nyata. Hehehe….

Demikian penjelasan saya. Wassalam…

Tulisan Terkait:

Newbie coba-coba Modif Laman

Ayo, Kasi Komentar doooong......

