Keributan kecil di Google+

Kemarin di Google+, saya menemukan sebuah thread a.k.a status dari seseorang yang tidak saya kenal, sebut saja Mr. X, tapi telah men-‘circle’ saya. Isi thread / status-nya tidak penting, tapi yang penting adalah komentar sejumlah orang pada thread / status tersebut. Dari tiga komentar yang masuk, dua di antaranya marah-marah menggunakan bahasa inggris. Ternyata keduanya tidak senang telah di-‘circle’ oleh Mr. X, karena tidak saling kenal.

Komentator yang satu, dari namanya saya kira ia berasal dari Eropa Timur, sementara yang satu lagi, setelah saya cek ternyata orang Bandung asli (hah??).

Perlu kita ketahui, bahwa Google+ bukan Facebook. Keduanya sama-sama media pertemanan, tetapi memiliki sejumlah aturan main yang berbeda. Di Facebook, untuk menjadikan seseorang sebagai teman, anda harus meng-add orang tersebut dan mendapat konfirmasi darinya. Di Google+, kita tidak perlu menunggu konfirmasi. Siapapun bisa kita add dan kita masukkan ke dalam circle, walaupun mereka tidak melakukan hal yang sama terhadap kita.

Anda tidak bisa melarang orang lain yang ingin men-circle anda. Yang bisa anda lakukan adalah memblok-nya, dengan berbagai konsekwensinya. Begitulah, Teman, aturan main di Google+. Anda tidak suka? Kirim Feedback ke Google+. Feedback anda tidak ditanggapi? Ya udah, mudik lagi aja ke Facebook (Emang udah Lebaran??).

Tulisan Terkait;

Peringkat Google+

7 thoughts on “Keributan kecil di Google+

    • Bisa koq, kita bisa membuat status yang hanya bisa diliat orang2 tertentu aja di circle kita. Dan foto yang kita upload bisa dibikin privat supaya ngga bisa diliat orang lain selain kita sendiri. Coba aja πŸ™‚

    • Justru “circle” ini fitur yang sangat mirip dengan kehidupan nyata, sebagaimana tagline google+. Misal, apakah semua orang dikenal oleh Presiden SBY??? Tentu tidak. Tapi, tentu kita mempunyai kepentingan untuk mengetahui kabar terbaru mengenai SBY. Dengan kata lain, kita tidak harus “saling kenal” agar dapat mengetahui informasi kabar orang.
      NB: Saya sendiri punya circle “Inspirasi” yang berisi orang-orang yang tidak saya kenal, tapi informasi-informasi yang mereka tulis sangat berharga bagi saya sehingga saya ingin mendapat pembaharuan tentang mereka dalam stream saya. πŸ˜€
      Di g+ kita juga bisa memasukkan seseorang ke dalam berbagai “circle”, hal ini membuat privasi semakin terjaga.

Ayo, Kasi Komentar doooong......

