Content Provider, Partner Illegal Operator Seluler

Mengapa saya katakan illegal? Karena kita, pelanggan, tidak pernah diberitahu oleh pihak operator seluler bahwa akan ada pihak ketiga, yang secara resmi bekerjasama dengan mereka, akan secara rutin nyepam di ponsel kita via sms. Tidak peduli apakah CP (Content Provider) ini berniat jualan secara jujur atau menipu, mereka tidak berhak nyepam di ponsel kita. Karena kita adalah pelanggan yang membayar, bukan pelanggan gratisan. Seharusnya kita diberikan opsi oleh pihak operator, apakah kita bersedia menerima spammer atau tidak.

Sudah dua bulan saya mengganti kartu GSM saya. Ini terpaksa saya lakukan karena pulsa saya selalu tersedot habis sepanjang tahun 2011 walaupun tidak saya gunakan. Pada awalnya saya kira ini terjadi karena saya mengganti ponsel saya dengan smartphone di penghujung tahun 2010, di mana ponsel baru ini selalu terkoneksi dengan internet. Saya baru tahu belakangan kalau ternyata ini adalah kelakuan CP.

Saat membeli kartu GSM yang baru, saya bertanya dulu kepada penjualnya, kartu apa yang internetnya paling murah, lalu saya beli kartu tersebut sesuai rekomendasi-nya. Memang internetnya murah, tetapi ternyata sudah terpasang RBT dari pihak ketiga. Seminggu pertama RBT tersebut gratis, tapi untuk selanjutnya akan memotong pulsa Rp. 2.500 / minggu, kecuali di-unreg. Lalu saya kirimkan sms Unreg, tetapi ternyata minggu berikutnya tetap saja pulsa saya terpotong.

Sudah waktunya ini dihentikan. Operator tidak berhak mendatangkan pihak ketiga kepada kita karena tidak ada perjanjian antara kita dengan pihak tersebut. Perjanjian kita hanyalah dengan operator itu sendiri.

Jika pihak CP ingin memasang iklan, pasanglah di TV, suratkabar, baliho dan lain-lain. Jangan nyepam di ponsel pelanggan.

84 thoughts on “Content Provider, Partner Illegal Operator Seluler

  1. Paling mengganggu kalau dapat sms-sms spam padahal saya nggak pernah daftar apapun. Kirain sms dari si dia, sudah senang banget, eh ternyata sms yang nggak jelas seperti itu๐Ÿ˜ฆ

    • Nomor keluarga saya pernah kena sms yang pakai registrasi semacam itu, karena adik saya yang masih sekolah SD tergiur iklan game di TV. Setelah “beberapa” menghubungi operator, alhamdulillah sudah normal.

    • Kartu saya yang pertama udah hampir 12 tahun saya pake. Waktu itu operator cuma ada 3. Saya ambil kartu perdana yang warna kuning seharga 250 ribu, isi pulsanya 200 ribu. Tapi ya akhirnya tetap saya ganti selain karena inetnya boros, juga karena pulsanya abis sendiri.๐Ÿ˜ฆ

  2. biasanya gak kena plsa kalo enggak registrasi ke iklan itu Om… bisa dibilang kita juga yang salah.. ya maklumlah saya jg newbie.. haha,, kemaren malah ada mama2 minta pulsa,, dia blg lagi buru2 dipake,, ditanya lokasinya, malah dijawab di deket LaPas lgi darurat,, tak jawab ae “lha papa juga lagi di LaPas,, Sel nomer berapa Ma??”
    hahaha,, tipu-in trik… siallll

      • Wah, sekarang udah lebih canggih, Gan. Kalo ada sms ‘mama minta pulsa’ trus ente jawab, ‘mo nipu, ya?’ atau jawab apapun, nomor ente langsung terkunci, dan pulsanya bisa disedot habis tanpa bisa di-unreg. Rajin-rajin nonton berita, Gan di TV. Mereka udah makin kelewatan.๐Ÿ˜ฆ

  3. Saya jadi teringat tanah kavling kami di desa Perigi Baru disebelah Bintaro (sektor 19 ?) … tanah yang luasnya terdiri dari 103 kavling @ 15 x 10 M plus jalan antar kavling 4-5 M .. kini diam2 disitu berdiri 3 menara (seperti pics diatas) … yang nyewain tanah kepada pemilik menara ialah si penjaga kavling (yg diiming2i duit) tanpa seizin para pemilik kavling … sampai kini belum beres urusannya ..๐Ÿ˜ฆ
    halahh .. gk nyambung …

  4. saya juga pernah mengalaminya, ada masuk sms di hp, mngenai konten tertentu, pas ikutan, pulsa dipangkas sekian rupiah, untuk berhenti pendaftaran, malah di sedot terus,,,

    Ini sebnarnya PR Oprerator Seluler (OS), semoga disikapi dengan bijak….

    • Mereka semua berlomba-lomba menurunkan harga pulsa dan masing-masing mengatakan pulsa merekalah yang paling murah, tapi pada akhirnya mereka semua sama-sama menyedot pulsa secara ilegal. Begitulah…๐Ÿ™‚

  5. Tapi ada gak kasus kita gak pernah ikutan reg konten tapi tetap kesedot pulsanya? alhamdulillah saya belum pernah kena begitu… soalnya udah nyangka jangan2 ga bisa di unreg lagi :D… Salam kenal๐Ÿ˜€

  6. saya cuman kasihan pada paman/ orang tua yang belum paham sekali masalah ini, karena , biasanya orang tua di daerah saya , cuma bisa nelpon doang, dan dengan spam ini, kadang anaknya ikutan sms yang di sarankan ketik req blaaa,blaaaaa………….jadi terpaksa ganti2 kartu terus๐Ÿ˜ฆ

    • @riez, saya ngga yakin pemerintah akan mengambil tindakan. Paling ujung-ujungnya akan dibuat kesepakatan yang intinya mereka bisa terus beroperasi
      @lostmyname, sasaran utamanya emang orang gaptek yang memiliki hp. Dan itu ada banyak sekali di mana-mana, termasuk tukang becak yang ngetem di depan toko saya, yang ngga bakal ngerti kenapa pulsanya abis sendiri.

      • tadi pagi mampir di mari, masih coklat, ehhh sekarang dah berubah lagi๐Ÿ™‚ , tapi kan kasian om, orang tua sudah kaku untuk yang gitu2 gituan,๐Ÿ™‚

      • Hehehe, dua temen saya secara kompak mengatakan bahwa tampilan blog saya jelek (pada kesempatan yang berbeda). Kalo cuma satu orang yang bilang jelek, pasti saya cuekin. Tapi karena dua-duanya bilang jelek, mau ngga mau saya mikir buat ganti theme. Anyway, rasa kasihan itu sulit ditemukan dalam dunia bisnis zaman sekarang. Bisnis memang kejam.๐Ÿ™‚

  7. embel2 murah sudah nggak menjamin kenyamanan lagi… kalau saya cari provider yg telponnya nggak putus2 n smsnya cepet sampai. itu aja cukup. bukankah inti kita punya hape itu cuman buat telpon sama sms doang? kalo internet mending pake modem terpisah trus colokin di laptop. saya rasa itu lebih aman.

    • Hehehe…, Gan….. Saat ini fungsi utama hp itu adalah untuk fesbuk-an. Karenanya, rata-rata pemilik hp sekarang butuh akses internet. Sementara kalo beli laptop hanya untuk fesbuk-an juga ngga mungkin, kan? Begitu. lho…..๐Ÿ™‚

  8. Kalau saya biar pulsa nggak habis walaupun internet nyala terus, saya langganan paket internet Unlimited. Satu bulan 100rb, udah deh bisa internetan sampai jebol juga nggak apa-apa. Dan mengenai sms2 aneh gitu, saya nggak pernah membalas satu pun dari mereka. Sekali masuk, diemin aja. Baru pas pembersihan rutin Inbox (biasanya sekali seminggu) saya hapus dah tuh sms๐Ÿ˜€

    • Wah, mata ente tajem juga, ya. Ane ngga liat tu garis klo ngga ente kasi tau. Ntar deh ane ganti arna hijau klo udah bosen sama yang ini.๐Ÿ˜›
      Ternyata highlightnya semua juga warna hijau ya, Sob. Oke deh ane ganti aja.๐Ÿ™‚

Ayo, Kasi Komentar doooong......

