Blogger, Fesbuk-er, atau keduanya?

Ini adalah pertanyaan khusus untuk para blogger. Karena seorang Fesbuk-er (Facebook user) belum tentu memiliki blog, sedangkan seorang blogger (hampir) semuanya mempunyai akun Facebook;
Apakah anda:Β 
– seorang blogger aktif (rajin posting dan blogwalking), yang sesekali membuka facebook, Β ATAU
– seorang fesbuk-er (rajin update status dan komen2), yang sesekali membuka dasbor dan ngecek statistik, ATAU
– aktif kedua-duanya?


Atau tidak Β dua-duanya. πŸ™‚ Tergantung mood aja aktif-nya. Hehehe…..

Kalau menurut saya seharusnya menjadi fesbuk-er itu lebih enak. Karena kalau update status itu ngga perlu mikir sampai 3 – 4 alinea. Cukup sebaris kalimat saja. Dan kita tidak perlu pusing mencari update status teman, karena semuanya terpampang jelas di homepage kita.

Sementara seorang blogger itu harus meluangkan waktu secukupnya untuk memikirkan postingan berikutnya (ayolah…., sekonyol apapun tulisan ente di blog, pasti tetap butuh pemikiran yang serius, kan?). Dan postingan tersebut tidak mungkin hanya terdiri dari satu kalimat saja.

Setelah itu, kembali seorang blogger harus meluangkan waktu untuk ritual selanjutnya; blogwalking, menghampiri blog-blog yang sebelumnya sudah pernah dia singgahi lalu mencari blog-blog baru dan memperkenalkan diri. Semua itu harus dilakukan secara aktif, secara manual karena postingan terbaru rekan kita tidak secara otomatis muncul di dasbor, kecuali kita subscribe.

Tetapi walaupun saya tau fesbuk-ing itu enak dan blogging itu merepotkan, saya tetap lebih menyukai blogging (entahlah, mungkin ada yang salah dengan otak saya). Mikirin postingan dan menghampiri blog-blog yang pemiliknya tidak saya kenal terasa lebih mengasyikkan buat saya dibandingkan ngecek update status facebook teman-teman saya.

Anda bagaimana? Apakah anda seorang blogger atau fesbuk-er?

75 thoughts on “Blogger, Fesbuk-er, atau keduanya?

  1. Kalo gue sih termasuk di poin no. 2, “Facebook-er yang rajin “Nyampah” di beranda FB dan sesekali ngecek statistik blog”. Sampe”, banyak banget orang yang matanya mimisan karena keseringan baca status gue. Hahahaha…

  2. saya termasuk facebooker aktif….tapi blog juga newbe…serasa beda dunia…
    kalau FB kebanyakan memang teman fisik yang dikenal…tapi
    komunitas blog punya teman2 yang antah berantah tapi aseek buat tukar inspirasi
    jadinya dua2nya bwt saya okelah saling sinerrgi… πŸ™‚

  3. tepar saya baca inii , omm .. ==” ( tapi ga tau knapa teparnyaa .. )

    Both are good ! FacebookR, TweepS, BloggR, or something like that, are good !

    • @asudomo, Aktif dua-duanya tapi akhirnya tetap ada yang harus dikalahin, ya? πŸ™‚
      @Mila, Alhamdulillah, berarti otak saya baik-baik aja, ya? Salam kenal kembali… πŸ™‚
      @Budi Nurhikmat, jadi dua-duanya bisa jalan beriringan? Siip…. Bulan depan kita cek, apakah masih jalan beriringan. Hehehehe….
      @Cspaxe, nah ini baru hebat. Semua media disukai dan bisa dijalanin bareng-bareng. Bagi-bagi rahasianya dong, Gan…. πŸ™‚

  4. Yah, dibilang rajin sih gak, tp sekali sekali pasti ngecek facebook buat liat notif. πŸ˜€

    Seneng ngeblog juga, apalagi kalo ide lagi banyak2nya..

    Menulis di FB memang lebih gampang, tapi menulis di blog lebih memuaskan πŸ™‚

    • @Ikky21, bener, Bro. Emang lebih puas nulis di blog.
      @blog-nailah, ooo jadi, kalo FB lagi seru, nongkrongnya di FB. Klo ngga ada yang seru, ya blogwalking. Begitu kali, ya? πŸ™‚

  5. Kebetulan saya lebih suka blogging. πŸ™‚
    Jaaauhhh lebih menyenangkan hati, mengenyangkan pikiran, menyegarkan dahaga informasi..

    Hidup blogger.. hehehehe πŸ˜€

  6. hanya sesekali nyentuh fb,males liat status yang pada lebay..
    Walo ngeblog tu ribet,puyeng mikir mw posting apa,tp bwt saya ngeblog punya kesan tersendiri..

  7. Nb, Ngeblog bikin otak ‘ KONTRAVERSI ‘, om !

    Eh, maap, ga sadar ngomong ‘ om ‘ soalnya poto gravatarnya mirip om sayaa .. Hehheehe ,,

  8. Kalau saya ya tentu lebih memilih blog πŸ˜€
    Kalau ngeblog kan diajak mikir juga tuh (bikin postingan), kalau facebook cuma merenung aja jadi postingan :p
    Pokoknya saya lebih milih ngeblog karena mengajak berpikir πŸ˜€

  9. Kunjungan Siang…. πŸ˜€
    Wah kalau saya lebih ke nulis ke blog Mas… walaupun satu kali nulis bisa 2 jam tapi kepuasannya kalo udah diposting itu yang jadi semakin semangat. Walaupun satu bulannya ngga terjadwal pasti tapi yang penting puas. Kalo fesbuk? hmmmm…. jarang posting sih… setiap hari OL fesbuk tapi ya ngga diapa2in… Sok aktif ajah hehehehe….. terima kasih sudah nge-like fanpage aquidea ya… πŸ˜€

  10. dari dulu saya paling males update status di fb, punya fb ya ikut-ikutan aja..sedangkan nge-blog biarpun ribet mikirin yg mau diposting, tp saya banyak dapat ilmu dari teman2 blogger… πŸ™‚

    • @sya, sekarang mood-nya lagi di blog, tapi bulan depan bisa aja di FB, gitu, ya?
      @Dhenok, Exis abisss……… Hehehe…. btw, emang masih ada yang nongkrong di YM, ya? Udah lama banget nih ngga buka YM. πŸ™‚

  11. Sepertinya saya adalah keduanya. Selain aktif di blog, saya aktif di febuk meski hanya promo tentang bisnis.
    Keduanya bagi saya adalah sama yaitu mengeluarkan suatu ide, gagasan, pokok pikiran atau apapun namanya yang mencerminkan diri kita dalam berekspresi

    • Masuk ke dasbor, trus klik pengaturan lalu klik sharing.
      1. Pada bagian Publikasikan, klik Connect to Linkedin. Setingan ini membuat setiap postingan Yisha secara otomatis di-share di Linkedin setiap kali diterbitkan.
      2. Pada bagian Share Button, drag tombol Linkedin dan/atau tombol lainnya dari Available Sevices ke Enabled Services. Setingan ini akan memunculkan tombol Linkedin dan/atau tombol lainnya di setiap postingan Yisha. Pengunjung blog bisa meng-klik tombol tersebut supaya postingan Yisha di-share di akun Linkedin dan/atau akun lainnya.
      3. Boleh pilih salah satu atau dua-duanya. Selamat mencoba. πŸ™‚
      4. Inget-inget, komennya ada di mana… πŸ˜›

    • Kalau yang Publikasikan, Yisha memang harus punya akunnya dulu baru bisa. Kalau yang Share Button, ngga perlu punya akun karena itu buat pengunjung blog. Silakan yang Share Button, semuanya juga boleh. Reddit & Stumble Upon itu social media juga.

  12. Blog merupakan sebuah seni yang memerlukan kreativitas tersendiri. Paling tidak di blog kita dapat melatih diri untuk membuat satu tulisan atau artikel. Hal yang satu ini tidak pernah didapatkan dari sekolah, karena menulis itu sendiri butuh praktek, bukan sekadar menguasai teori saja. Untuk dapat membuat satu tulisan panjang dibutuhkan latihan yang terus menerus dan pengalaman dalam membuat tulisan.

    Kalau saya sih lebih asyik dan intens di dunia blog, FB hanya sekedar punya akun saja, jarang sekali saya tengok.

    • @Halaman Putih, cocok kita, Mas.. Saya juga udah hampir ngga pernah lagi ngecek FB. Karena nyaris tidak ada info penting apapun di situ. Kecuai jika saya ingin menghubungi teman, daripada lewat sms mendingan nulis sesuatu di dinding-nya.

Ayo, Kasi Komentar doooong......

