Beda Penilaian Google PR dan Alexa

Google And Alexa

Oke, saya hanya ingin share pengetahuan seorang newbie kepada mereka yang belum mengerti tentang Google Page Rank dan Alexa Rank.

Saya baru menyadari saat blogwalking beberapa hari yang lalu, bahwa masih banyak rekan blogger, baik newbie atau bukan, yang belum mengetahui perbedaan sistem penilaian Google PR dan Alexa. Saya berharap tulisan ini bisa membantu menjelaskan perbedaannya. Bagi anda yang sudah kapalan untuk urusan SEO, silakan memberikan koreksi atau tambahan yang bisa mencerahkan kita semua. πŸ™‚

Alexa Rank

Indikator utama yang digunakan Alexa dalam menentukan peringkat sebuah situs adalah jumlah traffik. Semakin banyak pengunjung sebuah situs, semakin tinggi peringkat Alexa-nya. Peringkat tertinggi menurut Alexa adalah 1, sedangkan peringkat terendah adalah No Data. No Data ini mungkin untuk situs-situs yang berperingkat di bawah 20 juta, CMiIW.

Selain menentukan peringkat, Alexa juga menunjukkan jumlah links in atau lebih kita kenal dengan sebutan backlink dari situs lain ke situs kita. Tetapi besarnya jumlah backlink ini sama sekali tidak mempengaruhi peringkat Alexa situs anda. Saya pernah melihat sebuah situs yang peringkat Alexa-nya 200 ribuan, sementara links in-nya No Data. Pada kesempatan lain saya juga menemukan sebuah situs yang peringkat Alexa-nya masih 9 jutaan, tetapi jumlah links in-nya sudah lebih dari 4 ribu.

Untuk jumlah backlink itu sendiri, Alexa, Google dan Yahoo memiliki perhitungan yang berbeda. Anda bisa melihat contohnya di sini. Saat ini saya belum bisa memastikan penyebab perbedaan perhitungan tersebut. Nanti kalau sudah ketemu penyebabnya, akan segera saya tambahkan di sini. πŸ™‚

Google Page Rank

Kemarin, seorang rekan blogger bertanya kepada rekan lainnya,” Pengunjung blog saya lebih dari seribu orang per hari, tetapi mengapa Google PR saya masih di bawah 3?” Berikut adalah penjelasannya:

Penentuan peringkat pada Google PR adalah murni berdasarkan backlink. Semakin banyak jumlah backlink dari situs lain ke situs anda, semakin tinggi peringkat Google anda. Sementara besarnya jumlah traffik sama sekali tidak berpengaruh bagi peringkat Google situs anda. Bagi anda yang hobi tukeran link, maka peringkat Google blog anda akan meningkat lebih cepat, walaupun blog anda jarang dikunjungi orang. πŸ™‚

Peringkat tertinggi menurut Google PR adalah 10 sedangkan peringkat terendah adalah 0.

Bagi sebagian kalangan, metode yang diterapkan Google ini dianggap kurang fair karena tidak menganggap traffik sebagai salah satu indikator yang menunjukkan popularitas sebuah situs. Tetapi walaupun kita tidak menyukai Google PR, kita tidak bisa mengesampingkannya karena semakin tinggi peringkat situs kita, semakin mudah situs kita ditemukan pengunjung melalui Google Search Engine. Dan Google Search Engine adalah Web Searcher terpopuler di dunia.

Menurut Google PR, nilai backlinkΒ dari sebuah situs tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Backlink yang berasal dari situs dengan Google PR tinggi, memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan backlink dari situs dengan PR rendah.

>> Tambahan dari komentar Bang Duto a.k.a Om KicauΒ di bawah; Akan lebih baik jika backlink ke situs kita itu berasal dari situs lain yang membahas topik yang sama dengan situs kita.

Dofollow/nofollow

Faktor penting lainnya yang perlu diingat adalah status follow dari sebuah situs. Jika sebuah situs berstatus nofollow, maka backlink yang berasal dari situs tersebut tidak memiliki nilai apapun untuk mengangkat Page Rank situs kita, walaupun situs tersebut memiliki Page Rank yang tinggi. Sedangkan jika situs tersebut berstatus dofollow, baru-lah backlink-nya memiliki nilai di mata Google PR.

Blog pada WordPress.com itu berstatus dofollow, kecuali pada bagian komentarnya. Dan website utama WordPress.com yang juga bertatus dofollow, selalu membuat backlink secara otomatis terhadap setiap postingan yang di-publish oleh pengguna blog WordPress.com. Dalam hal ini, kategori dan kait kata dari setiap postingan-lah yang berperan mengaktifkan backlink tersebut. Sistem auto-backlink ini biasa disebut Global Tag WordPress.com. Dan setau saya, sistem ini tidak dimiliki oleh media blogging lainnya. πŸ™‚

Demikian yang ingin saya sampaikan. Mudah-mudahan tidak terlalu sulit untuk dipahami. Kalau ada yang salah, tolong kasi tau, yaa… Nanti saya perbaiki. Wassalam…… πŸ˜€

—————————————–Footnote——————————————-

>> Sejumlah koreksi yang sangat penting telah disampaikan oleh Master Red melalui komentar-komentarnya. Intinya adalah, backlink tidak lagi menjadi faktor utama dan satu-satunya yang diperhitungkan Google PR untuk menentukan peringkat sebuah situs. Untuk lebih jelasnya, silakan anda baca komentar beliau di bawah. πŸ™‚

82 thoughts on “Beda Penilaian Google PR dan Alexa

  1. Nyimak meskipun tetap saja sedikit yang ngerti. πŸ˜†
    Bagiku sendiri alexa itu gak seberapa menarik tapi PR sangat menginspirasiku untuk berbuat secara optima meskipun hasilnya juga masih biasa saja. Dan menariknya lagi PR dan alexa itu selalu berbanding terbalik.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • Tulisan saya sulit dimengerti ya, Mas Sugeng? Hehehe… Ini baru pertama kalinya saya membahas SEO πŸ™‚
      Menurut saya wajar jika Mas Sugeng lebih tertarik mengejar PR. Karena PR memang berdampak langsung di search engine. Saya sendiri yakin semua webmaster menjadikan PR sebagai target utama yang dikejar untuk mempopulerkan situs mereka, sedangkan Alexa menjadi opsi tambahan karena sistem penilaiannya meng-cover wilayah yang tidak dijamah oleh PR. πŸ™‚

  2. Catatan dari buah pengalaman:

    1. Untuk alexa blog saya — yang saat saya tulis komentar ini adalah 134,990–, pergerakan angka mengecil (rating membaik) berbanding lurus yang signifikan dengan tingkat kerutinan munculnya posting baru. Jika saya tiap hari menulis, rating alexa cepat sekali naik (angka mengecil). Begitu saya “libur” sepekan saja, dropnya nggak tanggung-tanggung sering sehari drop sampai 10.000.
    Kalau alexa bergerak berdasar traffic, seharusnya blog saya tidak cepat membaik ratingnya di alexa, sebab traffic blog/pageview per hari sejak bulan terakhir ini stabil di kisaran 20.000 sampai 30.000 pageview per hari.

    2. Page rank blog saya yang saat ini 4, menurut saya — meski link masuk relatif banyak, yakni 282 — terkatrol oleh backlink dari web-web setema/setopik dengan blog saya. Oleh karena itulah, saya mencoba sebanyak mungkin men-submitkan blog ke directory blog tentang hewan, khususnya burung.

    3. Nah, lalu bagaimana sebenarnya PR dan alexa? Ya sudah, mangga itu dibahas para blogger muda saja. Saya yang tua, tahunya ya nulis dan nulis, hehehehe….

    4. Salam…

    • Halo, Bang Duto…. Apa Kabar… πŸ™‚
      Udah lama ngga maen ke sini ya, Bang Duto? Tapi saya ada feeling kalo Bang Duto bakal mampir ke sini karena saya membahas SEO. Hehehehe………
      Kalo Bang Duto mengatakan bahwa pageview tidak ada hubungannya dengan Alexa, ya… saya bisa ngomong apa? Pengetahuan saya jelas ngga ada apa-apanya dibanding Bang Duto. Saya hanya bisa mengatakan bahwa apa yang saya ketahui tentang Alexa berasal dari ‘SEO Tips of the Day’ pada sebuah situs. Dan pengalaman saya setelah beberapa bulan ini memasang widget Alexa menunjukkan bahwa ‘SEO Tips’ tersebut benar. Tapi apalah artinya pengalaman yang cuma beberapa bulan ini dibandingkan pengalaman Bang Duto yang sudah bertahun-tahun ditambah pengalaman mengikuti berbagai seminar SEO dan memiliki domain sendiri. Wah…wah… jelas tidak sebanding. πŸ™‚
      Jadi ya, oke..saya terima pendapat Bang Duto sebagai masukan yang berharga. Mungkin nanti bisa didiskusikan mengapa Alexa Rank di blog Bang Duto berprilaku berbeda. Kemungkinan besar bukan Alexa-nya yang salah, tapi SEO Tipsnya. Bukan begitu Bang Duto? πŸ™‚

      >> Masukan Bang Duto tentang backlink dari situs yang setopik sudah saya tambahkan pada tulisan di atas. Makasih Bang Duto. πŸ™‚

    • @zilko, yup… Perlu strategi yang berbeda mengangkat peringkat keduanya.
      @Budi Nurhikmat, ngga apa-apa, Gan. Saya juga awalnya cuma ‘yang penting nulis’. Baru sekarang aja mikirin PR. Hehehe…
      @arman, nyamar mulu jadi nubi. πŸ˜›
      @tuaffi, peringkat tinggi membuat situs tersebut semakin mudah ditemukan dengan mesin pencari, dan membuat semakin banyak orang percaya bahwa artikel-artikel pada situs tersebut memang berkualitas. And the best of all; banyak perusahaan akan menawarkan kontrak pemasangan iklan di situs kita (tetapi tidak di WordPress.com πŸ™‚ ).

  3. wah kayaknya GooglePR dg Alexa Rank berlawanan…
    kalau GooglePR angkanya besar baik, tapi kalau Alexa Rank justru sebaliknya, kalau angkanya banyak jelek….

    • @Khairil Anwar, betul itu, Sob. πŸ™‚
      @Ikky21, kayaknya ente udah ngerti SEO juga, ya. πŸ™‚
      @Mabruri Sirampog, betul sih, Gan. Seharusnya kita ngeblog aja ngga usah mikirin peringkat. Tau-tau kita udah PR 10 aja. Wakakakak……
      @sedyadiasto, Ayo, Gan. Semangat… πŸ˜€

  4. Ah, sampai hari ini, saya belum tertarik dengan PR dan sejenisnya. Sekadar menulis apa yang indin dibagi, membaca tulisan yang disukai, dan mengomentari apa yang perlu ditanggapi πŸ˜€

  5. aku moto si adek kecil itu pake kamera hp kok, om. digital pocketku udh gak tau kemana tuh. dipinjem org trus dipinjemin lagi. paraahh..
    lagipula agak susah moto pake digital pocket u/ ngambil gambar candid, pasti langsung ketauan. aku jadi moto pake hp aja. ya bisa jadi ketauan, tapi kemungkinannya msh lbh kecil daripada pake digi pock. klo pake kamera hp kan kita tinggal pura2 sms, telpon, atau mainin hp. πŸ˜‰

  6. Share yang menarik bro karena bisa menambah pengetahuan kita… Cuma yang menjadi tanda tanya dari saya adalah pernyataan dari salah satu karyawan google singapura yang mengatakan bahwa “tidak ada yang bisa memastikan bagaimana cara kerja google terhadap pemberian ranking maupun soal SEO”
    Hal ini saya dengar langsung dari salah satu insinyur google singapura ketika mengikuti kopdar blogger nusantara beberapa waktu yang lalu

    • betul sekali bro eser. Semua hal tentang SEO itu sebenarnya based on rumour. dan ketika itu ada yang benar, misalnya tentang backlink. Maka pada waktu itu terbukti benar…rame-ramelah para webmaster melakukan pertukaran link, beberapa malah lebih jauh dengan melakukan peternakan link atau menwarkan jasa bomb bakclink yang amat besar.

      Tidak ada seorang pun yang tahu persis bagaimana mekanisme pemeringkatan oleh Google ini dilakukan karena itu adalah rahasia dapur mereka. bayangkan kalo semua orang tahu, bisa2 tidak ada lagi yang namanya peringkat 1…bisa kacau nanti kan?

      Namun di google webmaster kita dapat menemukan clue / petunjuk mengenai apa yg diinginkan oleh google dari blog/web/situs kita. Pertama: Google ingin agar isi/konten blog kita menarik sehingga pembaca datang ke kita karena betul2 ingin membaca dan melihat apa yang kita tulis. Jadi: Unique Content (bukan kopasan) itu penting.

      Kedua: Google jg ingin agar performa kecepatan blog kita bagus. Hal ini agar memudahkan pembaca mengakses blog kita. Karena itulah mereka menyediaakan layanan Google Page Speed yang menunjukkan variabel2 apa aja yang masih harus diperbaiki di dalam blog kita. Gue sering banget ngutak2 ini. Yahoo pun demkian, mereka punya YSlow yang mengukur kecepatan blog

      jadi 2011 ini adalah awal dari konten dan performa. Itulah yang bisa kita tebak dari SEO, bukan lagi soal backlink, inbound link, keyword stuffing, hidden keyword, dll

    • @Asop, betul, Kang. πŸ™‚
      @bro eser, setelah melihat blog anda, saya percaya kalo anda sangat mengerti SEO. Pertanyaan saya; Apakah anda sendiri percaya yang dikatakan engineer Google tersebut? Jika ya, alasan apa yang dia kemukakan sehingga anda percaya bahwa tidak ada yang tau cara kerja Google? Monggo di-share ya bro, supaya kami para newbies ini mengerti. πŸ™‚
      @Yisha Sayang, backlink itu adalah link dari blog teman-teman ke blog-nya Yisha.
      @Maya, tengkyu, May… πŸ™‚
      @pelancongnekad, hehehe… yo wisss…. Info ini memang untuk yang pengen tau aja, koq. πŸ˜›
      @Mila, ikut-ikutan biar keliatan keren, ya? πŸ˜›

      • @bro eser, setelah melihat blog anda, saya percaya kalo anda sangat mengerti SEO. Pertanyaan saya; Apakah anda sendiri percaya yang dikatakan engineer Google tersebut? Jika ya, alasan apa yang dia kemukakan sehingga anda percaya bahwa tidak ada yang tau cara kerja Google? Monggo di-share ya bro, supaya kami para newbies ini mengerti.
        =================

        semua yang dimention eser dari karyawan google itu benar adanya. Karena itulah beberapa pakar seo dari luar negeri sering mengatakan kalo SEO itu sebenarnya kegiatan meraba-raba apa yang diinginkan oleh google dari sebuah situs.

        google sendiri sering sekali mengadakan pemeringkatan ulang blog. benar kan bro? ketika itu terjadi, mereka sebenarnya sedang menyusun ulang algoritma baru pemeringkatan blog yang mungkin saja (kemungkinan besar) tidak terdeteksi oleh so called SEO yang rame dibicarakan oleh webmaster2.

        Namun dari Google Webmaster tools kita bisa memperoleh clue, seperti yang gue tuiis di atas (mengomentari pertanyaan eser).

        Google maunya kita tidak technical minded, hanya mengejar peringkat tinggi, karena jika itu terjadi…. masbro bisa lihat sendiri ada yang namanya AGC. Tau kan? Auto Generated Content itu dibuat karena alasan itulah. Maunya peringkat tinggi tapi malas nulis. jadilah mereka menghadirkan konten orang lain dalam blognya

        Dulu blog2 AGC menempati peringkat bagus sekali di google. Minimal ada di halaman dua. gak jauh2 dari situ. Namun dalam update google PR berikutnya, semua blog2 AGC tewas (gak ada tuh di halaman manpun di google). Mereka kayaknya dicempungin semua ke google sandbox πŸ˜†

      • Wooooow…… Terima kasih banyak Master Red atas pencerahannya. Berarti kita sekarang bisa berlega-hati, karena Google PR tidak lagi hanya menggunakan backlink sebagai indikatornya. Banyaknya variabel yang digunakan, sudah pasti membuat ‘kompetisi’ ini menjadi lebih fair. Dan sungguh menyenangkan mendengar bahwa mesin Google sudah semakin pintar dan bisa mendeteksi situs-situs AGC. Berarti sekarang para blogger bisa konsentrasi memikirkan tulisannya sendiri. Itu berarti akan muncul lebih banyak postingan-postingan baru yang orisinil dan berkualitas nantinya. πŸ™‚

  7. Penentuan peringkat pada Google PR adalah murni berdasarkan backlink <— sekarang sudah tidak sesederhana itu sejak lahir google panda. Backlink hanya variabel kesekian karena google menyadari situs yg melakukan link farm meski isinya tidak bermutu bisa mendapat PR yang bagus. Sekarang ini yang penting adalah konten dan performa (kecepatan) sebuah situs.

    Rumor juga mengatakan berapa banyak link kita di klik user lain dari situs2 social media spt facebook, twitter dan linkedIn memengaruhi pemeringkatan Google PR

    • @Red, Oke, makasih banyak ya, Bro atas semua informasinya. πŸ™‚ Sekarang saya mau googling dulu nih, karena belom tau apa itu Google Panda. Hehehe…..

      >> Saya sudah menambahkan Footnote khusus pada tulisan di atas setelah menerima koreksian dari anda. πŸ™‚

  8. saya awam sekali mas untuk hal2 seperti ini.. Alexa ataupun PR rank.. kira2 manfaatnya untuk apa ya..???
    mohon pencerahannya..

    salam, πŸ™‚

    • @Darmanto Muat, PR itu berfungsi menentukan posisi blog anda di mesin pencari. Misalnya blog anda membahas sepak bola, seperti belasan juta blog dan website lainnya, tetapi PR blog anda lebih tinggi daripada yang lain, maka saat seseorang menuliskan keyword ‘sepak bola’ pada mesin pencari, blog anda akan ditempatkan pada posisi teratas, dan sudah pasti akan mendapat traffik lebih banyak daripada yang lain. πŸ™‚
      @Darin, siip… makasih sharingnya, Bro. Salam kenal. πŸ™‚

  9. Jadi sedikit cerah nih pikiran akang soalnya page hits blog akang sehari cuma kisaran 100…tapi udah dihadiahi PR3..mungkin karena jarang blog yang ngurusin tentang laboratorium kali ya…ya kali…kali ya…???

  10. Ping-balik: Akibat Meremehkan Google Panda! « Rahasia Otak

  11. Diskusi yang luar biasa, tak satupun komentar saya lewati, khususnya komentar para master-master.
    Terimakasih buat tambahan ilmunya mas. πŸ˜‰

  12. Selalu menarik membicarakan PR dan Alexa Rank. Saya juga baca-baca di blog tentang SEO, mereka bilang salah satu aspek terpenting meningkatkan PR dan Alexa Rank adalah dengan membuat konten yg berkualitas dan internal link yang kuat dalam postingan.
    Postingan yg menarik, mas.

    Nb:ini komentar ralat, td salah reply mas, lewat hp jadi keder komennya,hehe

  13. Ini dia artikel yg ditunggu2,,semua sesepuh pda ngumpul disini πŸ˜€
    Kalau udh ngmongin SEO, saya mah mikirnya sederhana aja (emang nggak ngerti SEO sama sekali :-D),, yang penting nulis agar bsa brbagi, kalau ada kbetulan nemu artikel yg agk ribet pembahasannya, Di postingan saya, saya dandanin lgi tuh artikel dgn cara lbh sederhana πŸ˜€ Jdi intinya, kalau saya sudah tau, tmn2 newbie jg hrs tau,, πŸ˜€ πŸ˜€
    Bloggers yg skarang udh PR 10pun dulunya kayak kita2 jg kan πŸ˜€
    INTINYA,,, gk ush terlalu banggalah sama hal2 yg org lainpun akn bisa melakukannya πŸ™‚
    Berbagi kan lbh bagus, paling tidak ikut brpartisifasi mencerdaskan bangsa, bener nggk tuh?? πŸ˜€

  14. saya setuju dengan uraian mas nando diatas..memang.penilaian SEO itu berbeda beda. semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing masing..

    salam sukses buat mas nando…

    • Iyalah…. Semakin banyak indikator yang bisa digunakan untuk memotivasi kita, semakin semangat kita untuk menulis. Bukan begitu, Gan? Btw, selamat datang di blog saya, Mas Lozz Akbar. πŸ˜€

Ayo, Kasi Komentar doooong......

