Spanyol

Matador

El Matador

Kerajaan Spanyol adalah sebuah negara yang berada di Semenanjung Iberia, Eropa Barat, bersebelahan dengan tetangga serumpunnya, Portugal. Pada awal abad ke VIII (711 – 718), hampir seluruh wilayah Iberia berhasil dikuasai bangsa Moor, kaum Muslim dari Afrika Utara, sehingga semenanjung yang terdiri dari berbagai kerajaan kecil tersebut menyatu di bawah kekhalifahan Muslim Iberia. Tapi pada tahun 722, kerajaan-kerajaan Kristen Iberia mulai bangkit dan mengadakan perlawanan hingga akhirnya kaum Muslim berhasil dikalahkan dan terpojok di wilayah Granada.

Spanyol

Peta Spanyol

Pada tahun 1469, kerajaan Castile dan Aragon menjadi satu karena adanya pernikahan putra putri mahkota kedua kerajaan tersebut. Setelah menyatu,  kerajaan ini lalu mengadakan ekspansi ke Kepulauan Canary pada tahun 1478. Lalu pada tahun 1492 berhasil menaklukkan Emirate of Granada yang merupakan basis terakhir kerajaan muslim di Iberia. Tetapi pada akhirnya terjadi kesepakatan damai melalui Perjanjian Granada yang mengizinkan kaum Muslim untuk  tinggal dan berkembang membentuk komunitas sendiri di wilayah Granada, tetapi tetap di bawah kekuasaan Aragon Castile. Semakin luasnya wilayah kekuasaan Aragon Castile membuat mereka akhirnya menjadi satu negara besar yaitu, Spanyol.

Pada abad XVI, bangsa Spanyol dikenal sebagai pelaut yang senang menjelajah dunia. Penjelajahan tersebut dilakukan selain untuk mendapatkan rute perdagangan yang baru, juga untuk menemukan lahan baru yang bisa dikuasai. Sebagian wilayah Amerika Selatan dan hampir seluruh wilayah Amerika Tengah berhasil dikuasai Spanyol pada zaman pertengahan.

Pada akhir abad XVIII, Spanyol terlibat perang dan dikalahkan oleh Perancis, tapi akhirnya berhasil mengusir Perancis pada tahun 1808 setelah mendapat bantuan dari Portugal dan Inggris.

Pada tahun 1936, terjadi revolusi yang dilakukan oleh kaum Nasionalis yang dipimpin oleh Jenderal Francisco Franco untuk meruntuhkan sistem monarki di Spanyol. Usaha tersebut berhasil dilakukan pada tahun 1939 setelah Jenderal Franco mendapat bantuan dari Nazi Jerman dan Fasis Italia. Jenderal Franco memimpin Spanyol hingga akhir hayatnya tahun 1975.

General Franco

Jenderal Franco

Semasa hidupnya, Jenderal Franco adalah pecinta klub ibukota Real Madrid dan entah mengapa, sepertinya ia tidak suka dengan wilayah Catalan dan menginginkan agar bahasa Catalan dihapuskan dari tanah Spanyol. Lebih parah lagi, ia menginginkan agar FC Barcelona mengganti namanya menjadi Barcelona CF seperti halnya Real Madrid CF. Ia tidak suka singkatan FC karena merupakan singkatan dalam bahasa Inggris ‘Football Club’, sementara CF menggunakan bahasa Castile yaitu ‘Club de Futbol’.

Keinginan sang Jenderal membuat masyarakat Catalan marah dan beberapa kali mencoba melepaskan diri dari negara Spanyol untuk membentuk Negara Catalan Merdeka. Tapi usaha tersebut tidak pernah berhasil hingga sekarang. Sekedar informasi tambahan, FC Barcelona menggunakan bahasa Inggris karena didirikan oleh seorang pria berkebangsaan Swiss bernama Joan Gamper pada tahun 1899.

gamper

Joan Gamper

Setelah sang Jenderal mangkat, konstitusi ternyata memutuskan agar kekuasaan negara kembali diberikan kepada keluarga kerajaan.  Dan pada tahun itu juga, Raja Juan Carlos naik tahta dan memimpin Spanyol hingga sekarang.

Juan Carlos

Raja Juan Carlos

Spanyol menjadi juara Eropa pertama kali pada tahun 1964 saat menjadi tuan rumah dengan mengalahkan juara bertahan Uni Soviet 2 – 1 di final. Gelar kedua didapat tahun 2008 lalu di Austria dengan menundukkan Jerman 2 – 1. Itu berarti saat ini Spanyol adalah juara bertahan yang harus dikalahkan di Polandia dan Ukraina.

Prestasi terbaik Spanyol didapat tahun 2010 lalu di Afrika Selatan dengan menjadi juara dunia setelah menundukkan Belanda 1 – 0 di partai final.

Tim Nasional Spanyol

Juara Bertahan Spanyol

Untuk Euro 2012, Spanyol tergabung di Grup C bersama Italia, Kroasia dan Republik Irlandia. Pada partai pertama, Spanyol akan berhadapan dengan juara dunia 4 kali, Italia, pada tanggal 10 Juni 2012 jam 19.00 waktu Ukraina di PGE Arena, Gdansk, Polandia.

Gdansk Arena

PGE Arena, Gdansk

Update: Spanyol Pertahankan Gelar Juara Euro 2012

9 thoughts on “Spanyol

Ayo, Kasi Komentar doooong......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s