Inggris

the three lions

The Three Lions

Terdapat sekitar 20 suku di wilayah Inggris pada saat pasukan Julius Caesar datang untuk meng-invasi pada tahun 55 Sebelum Masehi. Invasi tersebut gagal dan pasukan Romawi pulang dengan tangan hampa. Usaha berikutnya dilakukan pada tahun 43 Masehi dipimpin oleh Kaisar Claudius dan berhasil menjadikan Inggris sebagai sebuah propinsi dari Kekaisaran Roma. Tapi pada tahun 410, pasukan Roma ditarik dari Inggris karena adanya pemberontakan suku Germania di wilayah jajahan Roma yang lain.

England

Peta Inggris

Setelah pasukan Romawi pergi, sejumlah pengembara dari suku Germania datang membaur dan membentuk pemukiman di tanah Inggris. Nama England diambil dari Angles,  suku asal Germania yang membentuk pemukiman ini. Berbagai kerajaan kecil kemudian muncul dan akhirnya bersatu menjadi Kerajaan Inggris pada tahun 927. Ibukota Inggris pada awalnya adalah Winchester sebelum kemudian pindah ke London pada tahun 1066.

Banyak terjadi intrik perebutan kekuasaan di kalangan bangsawan Inggris pada zaman pertengahan, ditambah dengan adanya perang tiga kerajaan antara Inggris, Skotlandia dan Irlandia, bahkan perang antara Raja Inggris dengan parlemen yang dimenangkan oleh parlemen, hingga dieksekusi-nya Raja Charles I.

Keberhasilan Portugal dan Spanyol menjelajah dunia dan menjadi negara kaya raya, membuat Inggris, Perancis dan Belanda menjadi iri dan mulai ikut mengeksplorasi dan membangun koloni di berbagai belahan dunia. Pada tahun 1578 Inggris berhasil menguasai India Barat dan Amerika Utara. Pada abad XVII menguasai kepulauan Karibia dan membangun usaha perdagangan bernama East India Company. Namun pada abad XVIII, Amerika Utara berhasil mengusir pasukan Inggris dan memproklamirkan kemerdekaan Amerika Serikat.

Pada masa yang hampir bersamaan, Inggris bersama Wales, Skotlandia dan Irlandia, berhasil mengusir Napoleon dan pasukan Perancisnya yang datang untuk menjajah. Kesepakatan Treaty of Union kemudian dibuat pada tahun 1801 dan menjadikan Wales, Skotlandia, Irlandia dan Inggris sebagai satu kesatuan Inggris Raya. Penyatuan Inggris Raya ini menyebabkan adanya revolusi industri, karena para pakar ilmu pengetahuan Inggris dan Skotlandia bekerjasama menemukan berbagai teknologi baru.

Inggris dan Amerika memimpin tentara sekutu menaklukkan Jerman yang berusaha menguasai Eropa pada Perang Dunia I dan II. Satu grup pasukan elit Jerman dikirim ke Inggris dan menyamar sebagai tentara Inggris untuk membunuh Perdana Menteri Winston Churchill. Usaha tersebut gagal karena Churchill terlalu cerdik bagi pasukan Jerman ini (Ada dalam film berjudul; ‘The Eagle has Landed’).

churchill

Winston Churchill

Winston Churchill juga menjadi guru bagi Ratu Muda Inggris Elizabeth II yang naik tahta saat usianya baru 15 tahun menggantikan ayahnya yang telah mangkat.

queen elizabeth ii

Ratu Elizabeth II

Konon kabarnya, pada zaman pertengahan para perompak Viking Norwegia datang untuk merampok di tanah Inggris. Tapi rakyat Inggris berhasil menghabisi para perompak tersebut dan memancung kepala mereka. Kepala para perompak tersebut mereka jadikan mainan dan ditendang sepanjang jalan. Permainan tersebut dianggap sebagai cikal bakal permainan sepakbola yang saat ini telah populer di berbagai belahan dunia.

Kompetisi Liga Utama sepakbola Inggris saat ini dianggap sebagai yang terbaik di dunia setelah terpuruknya Serie A Italia akibat kasus judi dan suap. Tetapi ternyata tim nasional Inggris saat ini tidak dianggap sebagai salah satu unggulan di Euro 2012 kali ini, walaupun mereka pernah menjadi juara dunia tahun 1966 lalu di bawah pelatih Sir Alf Ramsey.

alf ramsey

Sir Alf Ramsey

Pada event Euro kali ini Inggris tergabung di Grup D bersama tuan rumah Ukraina, Swedia dan Perancis. Di partai pertama, Inggris akan berhadapan dengan Perancis di Donbass Arena, Donetsk, Ukraina pada tanggal 11 Juni 2012, pukul 19.00 waktu Ukraina.

Donbass Arena

Donbass Arena, Donetsk

2 thoughts on “Inggris

Ayo, Kasi Komentar doooong......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s