Italia

Azzurri

Gli Azzurri

Antara Abad XVII hingga abad XI Sebelum Masehi, sebuah kerajaan Yunani Kuno berhasil mencapai semenanjung di sekitar Laut Mediterania. Kerajaan tersebut lalu membangun sejumlah koloni di garis pantai semenanjung tersebut, termasuk juga di Pulau Sardinia dan Sisilia. Pada abad ke VIII Sebelum Masehi, koloni-koloni tersebut membaur dengan penduduk asli dan membentuk Kekaisaran Romawi yang semakin lama semakin luas wilayah kekuasaannya setelah menginvasi berbagai wilayah di sekitarnya.

Italy

Peta Italia

Pada tahun 395 Masehi, Kekaisaran ini terbagi dua menjadi Romawi Barat dan Romawi Timur. Romawi Barat akhirnya jatuh pada tahun 476 karena terus menerus mengalami serangan dari perompak, kaum barbar, sejumlah suku Germania dan bangsa Hun yang dipimpin seorang penakluk bernama Atilla.

Dari semua suku penyerang ini, akhirnya bangsa Germania-lah yang berhasil menguasai Romawi Barat. Tapi pendudukan ini tidak berlangsung lama karena Romawi Timur datang menyerbu dan berhasil menyatukan kembali Kekaisaran Romawi.

Di penghujung abad ke VIII, Kekaisaran Roma dikuasai oleh Kerajaan Frankia, salah satu suku Germania, yang kemudian memperluas wilayah kekuasaan hingga Ravenna. Tapi pada abad XII sebuah komunitas bernama Liga Lombard berhasil menggulingkan Kerajaan Frankia dan Kekaisaran Roma mulai pecah. Sejumlah negara republik maritim mulai bermunculan seperti; Venesia, Genoa, Pisa dan lain-lain.

Setelah perang Salib, Roma berhasil menguasai bidang politik dan perdagangan. Mereka memperluas kekaisaran dan membangun koloni di wilayah Laut Hitam dan mengontrol perdagangan dengan Kekaisaran Byzantium dan kawasan Mediterania yang sudah menjadi wilayah Islam semenjak ditaklukkan pasukan Khalid bin Walid.

Pada abad IX Byzantium Sisilia berubah menjadi Kekalifahan Islam sebelum ditaklukkan Italo-Norman dari wilayah selatan Italia pada abad XI.

Kekaisaran Romawi kembali pecah dan menimbulkan peperangan antar wilayah seperti Kekaisaran Firenze, Milan dan Venesia  selama puluhan tahun, hingga akhirnya tercapai kesepakatan perdamaian melalui perjanjian Peace of Lodi.

Pada tahun 1494 hingga 1559 terjadi Peperangan Italia, di mana sejumlah negara di Italia seperti Kekaisaran Milan, Republik Venesia, Kekaisaran Suci Roma mengajak sekutu-sekutu mereka seperti kekaisaran Perancis, Kerajaan Inggris, Skotlandia, Spanyol dan Kekaisaran Ottoman Turki. Tetapi akhirnya perdamaian bisa disepakati melalui perjanjian Peace of Cateau-Cambrésis.

Tahun 1860, Jenderal Giuseppe Garibaldi memimpin terjadinya unifikasi antara Napoli, Sisilia dan Sardinia. Bersama Count of Cavour lalu mengumumkan berdirinya Kerajaan Italia, yang merupakan cikal bakal Republik Italia saat ini.

Garibaldi

Jenderal Giuseppe Garibaldi

Pada tahun 1922, Partai Fasis Nasional berhasil menguasai Italia dan Benito Musollini diangkat sebagai Perdana Menteri. Mussolini memimpin negaranya dengan tangan besi, Ia bersekutu dengan Nazi Jerman dan Kekaisaran Jepang dan ikut membantu Jenderal Franco menjatuhkan monarchi di Spanyol.

Mussolini

Benito Mussolini

Saat Perang Dunia II, pasukan Sekutu menginvasi Italia pada bulan Juli 1943 dan menewaskan Mussolini. Partai Fasis jatuh dan Italia menyerah. Pada bulan Juni 1946, Italia berubah menjadi negara republik setelah melalui proses referendum.

Pada bulan Mei 1934 saat Italia menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia yang kedua, Mussolini mengirim pesan kepada Tim Azzurri bahwa mereka harus berhasil menjadi juara dunia. Jika gagal maka seluruh pemain, pelatih dan official pada tim Italia, akan dieksekusi mati. Sungguh beruntung karena Italia akhirnya berhasil menjadi juara pada tahun tersebut.

Italia adalah juara dunia 4 kali pada tahun 1934, 1938, 1982, 2006 dan juara Eropa pada tahun 1968. Liga Serie A Italia pernah menjadi yang terbaik di dunia sebelum kasus suap calciopoli menenggelamkan kualitas sepakbola mereka tahun 2006. Saat ini kasus tersebut kembali mencuat beberapa hari menjelang dimulainya Euro 2012 ini.

azzurri

Tim Nasional Italia

Italia tergabung di Grup C bersama Spanyol, Irlandia dan Kroasia. Pada partai pertama Italia akan berhadapan dengan juara bertahan Spanyol di Gdansk Arena.

Euro 2012

5 thoughts on “Italia

  1. Ping-balik: Ubber Alles Der Panzer Germany | Sheanno's Blog

Ayo, Kasi Komentar doooong......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s