Belanda

oranje

Oranje

Pada zaman pertengahan, wilayah Belanda terdiri dari 17 propinsi yang merupakan bagian dari Inggris, Kekaisaran Suci Roma dan Spanyol. Pada tahun 1568, terjadi peperangan antar propinsi dan perang terhadap Spanyol. Pada tahun 1579, wilayah utara bersatu menjadi Union of Utrecht untuk mempertahankan diri dari serangan Spanyol. Tahun 1581, Union of Utrecht memproklamirkan diri sebagai satu negara merdeka, walaupun masih berperang dengan Spanyol. Tahun 1585, Inggris mengirimkan pasukan untuk membantu Utrecht mengusir Spanyol, hingga akhirnya Spanyol mengakui kemerdekaan Utrecht pada tahun 1648.

Setelah merdeka, enam propinsi di wilayah selatan bersatu dengan Utrecht dan membentuk konfederasi yang disebut Republik Tujuh Kesatuan Belanda. Pada abad XVII, ekonomi Belanda menjadi kuat setelah membangun koloni di berbagai penjuru dunia (termasuk Indonesia).

holland

Peta Belanda

Pada tahun 1806, Napoleon berhasil menguasai Belanda dan mengubahnya menjadi negara kerajaan untuk kepentingan Perancis, di mana saudara Napoleon yaitu Louis Bonaparte, menjadi raja Belanda yang pertama. Tapi pada tahun 1813, Belanda berhasil mengusir Perancis dan menjadi negara merdeka. Pada tahun 1830, Belgia memberontak dan menjadi negara yang terpisah dari Belanda.

Pada Perang Dunia I, Belanda menjadi pihak yang netral sehingga Jerman menjadikannya pintu masuk ke wilayah Perancis, hingga akhirnya Inggris datang dan menutup jalur tersebut.

Pada Perang Dunia II, Belanda berusaha untuk tetap netral hingga akhirnya dikuasai Jerman. Lebih dari seratus ribu orang Belanda keturunan Yahudi ditangkap dan dibawa ke kamp konsentrasi di Jerman.

Pada bulan Desember 1941, Belanda mengumumkan perang terhadap Jepang yang telah mengusir mereka dari Indonesia. Karena Jepang adalah sekutu Jerman, itu berarti Belanda juga memerangi Jerman, sehingga mereka terpaksa mengungsikan keluarga kerajaan ke Kanada. Bersama pasukan Sekutu, Belanda berhasil mengusir Jepang dari Indonesia. Tapi mereka harus menerima kenyataan bahwa Indonesia sudah tidak mau lagi dijajah oleh siapapun dan memerdekakan diri pada bulan Agustus 1945 (horeeee…….).

Saat ini Belanda dianggap sebagai negara yang sangat liberal karena melegalkan pemakaian beberapa jenis narkotika secara bebas dan melegalkan pernikahan sesama jenis.

Pada tahun 1969, Rinus Michels pelatih legendaris Ajax dan Tim Nasional Belanda, memperkenalkan taktik baru, Totaalvoetbal yang menyebabkan Ajax Amsterdam menjadi penguasa Eropa di awal tahun 70-an.

Michels

Rinus Michels, penemu strategi Total Football

Lalu ia mencoba menerapkan taktik yang sama untuk tim nasional Belanda. Hasilnya, Belanda tampil memukau dan membuat seluruh dunia tertegun dan sejenak melupakan Brazil. Sayangnya Belanda gagal menjadi juara dunia pada tahun 1974 dan 1978 karena dikalahkan tuan rumah Jerman Barat dan Argentina di partai final. Tetapi walaupun gagal menjadi juara dunia, taktik ini telah menyebabkan seorang pemain menjadi legenda terbesar sepakbola Belanda. Ia adalah Johan Cruyff. Pemain ini begitu mengagumi taktik Michels sehingga ia pun menggunakan taktik yang sama saat menjadi pelatih.

Cruyff

Johan Cruyff, pemain terbaik Eropa 1971, 1973 dan 1974

Saat menjadi pemain Ajax, Cruyff memimpin rekan-rekannya menjadi juara antarklub Eropa 1971, 1972 dan 1973. Tapi saat pindah ke Barcelona, ia gagal membawa klub tersebut menjadi juara antarklub Eropa. Saat menjadi pelatih, ia menanamkan filosofi totalvoetbal pada tim kesayangannya tersebut hingga akhirnya Barcelona berhasil merebut gelar juara antarklub Eropa untuk pertama kalinya pada tahun 1992. Filosofi tersebut tetap digunakan Barcelona hingga sekarang dan menjadi fondasi utama Spanyol dalam merebut gelar Juara Eropa dan Dunia tahun 2008 dan 2010 lalu.

Pada tahun 1988, akhirnya Belanda yang dipimpin trio bintang AC Milan yaitu; Gullit, van Basten dan Rijkaard, berhasil merebut gelar juara Eropa untuk pertama kalinya. Kemenangan tersebut didapat dengan tetap mempertahankan strategi totalvoetbal yang telah menjadi ciri khas Belanda hingga sekarang.

dutch trio

Trio Belanda di AC Milan, Ruud Gullit, Marco van Basten dan Frank Rijkaard.

Dan di dalam tim juara tersebut, seorang centerback bernama Ronald Koeman menjadi sangat terkenal karena kemampuannya mencetak gol. Koeman menjadi pahlawan bagi Barcelona karena mencetak gol kemenangan di partai final antarklub Eropa 1992.

Koeman

Ronald Koeman

Untuk Euro 2012, Belanda tergabung di Grup B bersama Denmark, Jerman dan Portugal. Di partai pertama, Belanda akan berhadapan dengan Denmark pada tanggal 9 Juni 2012 jam 19.00 waktu Ukraina. Dan pertandingan tersebut akan dilangsungkan di Metalist Stadium, Kharkiv, Ukraina.

netherland

Tim Nasional Belanda

Metalist Stadium

Metalist Stadium, Kharkiv

2 thoughts on “Belanda

  1. hahh mengerikan melihat profil Belanda ini, apalagi ngeliat sepak terjangnya belakangan ini, sejak dipegang sama Bert van Marwijk jadi makin kinclong pulak
    hadeuuhhh semoga Jerman selamat dari grup B, amin *tetep Jerman*

Ayo, Kasi Komentar doooong......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s