Rusia

beruang

бурый медведь – Beruang Coklat (bukan merah).

Rusia adalah sebuah daratan luas yang menghubungkan Eropa dan Asia. Daratan ini ditemukan dan dikuasai oleh pasukan Viking pada abad IX Masehi dan menjadi tempat tinggal mereka turun temurun. Pasukan ini menyebut negeri baru mereka Kievan Rus’. Pada abad X daratan ini tumbuh menjadi salah satu negara yang besar dan makmur di Eropa. Di bawah kepemimpinan Vladimir yang Hebat (980-1015) dan putranya, Yaroslav yang Bijak (1019-1054), Kievan Rus’ mencapai zaman keemasannya.

russia

Peta Rusia

Pada tahun 1237, Mongol menyerang Kievan Rus’ dan menghabisi separuh rakyatnya. Mereka menguasai wilayah selatan dan tengah Rusia selama lebih dari 3 abad. Pangeran Dmitri Donskoy of Moskow bersama pasukannya menyerang habis-habisan pasukan Mongol dalam Perang Kulikovo.

Ivan III akhirnya berhasil menyatukan kembali seluruh daratan Rusia dan menjadi pemimpin bergelar Grand Duke of All the Russias. Setelah jatuhnya Konstantinopel, Ivan menuntut hak atas warisan Kekaisaran Romawi Timur dan berhasil menikahi kemenakan Kaisar Constantine XI. Putranya, Ivan IV kemudian dinobatkan sebagai Tsar Rusia yang pertama pada tahun 1547.

Di bawah kepemimpinan kaisar baru ini, Rusia berhasil memperluas kekuasaannya hingga ke Siberia. Di penghujung abad XVI, Rusia menjadi negara multi ras dan multi budaya karena telah masuk ke kawasan Asia.

Tetapi semakin luas wilayah Rusia ternyata justru membuat kekaisaran ini semakin lemah karena jumlah prajurit yang ada tidak cukup untuk mengawasi perbatasan kekaisaran yang teramat luas ini. Rusia kalah dalam perang menghadapi koalisi Polandia, Lithuania dan Swedia dalam usaha menguasai wilayah Baltik yang merupakan jalur perdagangan laut ke dunia internasional. Sementara pasukan Mongol dibantu Kerajaan Ottoman Turki, kembali menguasai wilayah selatan dan mulai masuk ke wilayah tengah Rusia pada tahun 1571. Tahun beikutnya, pasukan Rusia kembali berhasil mengalahkan Mongol. Tapi baru berhasil mengikis habis pasukan Mongol pada penghujung abad XVII. Pada tahun 1654, Ukraina bergabung dengan Rusia. Pada abad XVIII, di bawah kepemimpinan Peter yang Hebat, Rusia diakui Eropa sebagai negara adi daya. Rusia berhasil menguasai Eropa Tengah, Laut Hitam dan Alaska. Mereka menjadi negara pertama yang menemukan benua Antartika di Kutub Utara.

Pada tahun 1812, pasukan Napoleon mencoba meng-invasi Rusia tetapi gagal karena tidak sanggup berperang dalam suhu yang sangat dingin. Rusia menghabisi pasukan Perancis dan mengusir Napoleon. Tahun 1878, Rusia membebaskan Bulgaria dari kekuasaan Kerajaan Ottoman.

Pada akhir abad XIX, berbagai gerakan anti pemerintah bermunculan di Rusia dan mengganggu stabilitas negara ini. Rusia turun ke medan Perang Dunia I untuk menyelamatkan Serbia dari serangan Austria dan Hongaria pada tahun 1914.  Mereka berhasil menghancurleburkan pasukan kedua negara tersebut.

lenin

Vladimir Lenin

Tetapi, hasutan dari partai Komunis yang dipimpin Vladimir Lenin, ditambah dengan besarnya biaya perang dan jumlah korban, telah membuat rakyat Rusia tidak lagi mempercayai Kaisar Nicholas II. Sang Kaisar dan seluruh keluarganya ditangkap dan dieksekusi mati dan Rusia berubah menjadi negara komunis bernama Uni Soviet pada tahun 1922. Setelah Lenin mangkat pada tahun 1924, Joseph Stalin menggantikannya sebagai pemimpin Soviet.

stalin

Joseph Stalin

Pada bulan Juni 1941, Jerman memulai Perang Dunia II dengan menginvasi Soviet dan mengirimkan pasukan terbesar sepanjang sejarah perang. Awalnya invasi tersebut berhasil. Tapi lama kelamaan Soviet barhasil membalikkan keadaan dan mengusir Jerman. Bahkan pada akhirnya Soviet berhasil memasuki Jerman dan menguasai kota Berlin pada bulan Mei 1945. Kemenangan Soviet atas Jerman diabadikan dalam bentuk monumen Motherland Statue yang dibangun di Kiev, Ukraina.

Soviet mengalami kerugian yang sangat besar akibat Perang Dunia II. Sepuluh juta prajurit dan lima belas juta rakyat sipil tewas akibat serangan Jerman. Ditambah lagi dengan hancurnya infrastruktur sehingga ekonomi tidak bisa berjalan normal. Tetapi mereka mendapatkan Jerman Timur sebagai sekutu baru yang siap membantu dalam urusan ekonomi dan politik.

Perbedaan pandangan membuat Soviet terlibat dalam Perang Dingin terhadap AS dan sekutu NATO-nya. Soviet membentuk Pakta Warsawa untuk menanding NATO dalam hal kekuatan militer. Mereka membantu RRC, Korea Utara dan Cuba menjadi negara komunis baru dan merangkul mereka ke dalam Blok Timur Pakta Warsawa.

Setelah Stalin wafat, Nikita Khrushchev menggantikannya. Di bawah kepemimpinannya, Soviet semakin maju dan mampu mengirimkan kosmonot Yuri Gagarin ke luar angkasa pada tahun 1957 untuk menempatkan satelit Sputnik 1.

gagarin

Yuri Gagarin, manusia pertama yang menembus luar angkasa. Ehh… maaf ding… Manusia kedua setelah Rasulullah.🙂

Tahun 1970-an, Soviet mulai menguasai Vietnam dan Afganishtan dan menjadikan kedua negara tersebut sebagai boneka Soviet di Asia.

Tahun 1985, muncul pemimpin baru yang kharismatik di Soviet. Ia adalah Mikhail Gorbachev. Ia memunculkan aturan baru yaitu Glasnost (Keterbukaan) dan Perestroika (Pembaharuan). Aturan ini mengakhiri Perang Dingin antara Soviet dan AS dan mengakhiri kekuasaan komunis di Soviet dan seluruh Eropa pada awal tahun 90-an. Sejumlah wilayah memisahkan diri dari Soviet, di antaranya adalah; Kazakhstan, Tajikistan, Chechnya dan Ukraina. Sementara Jerman Barat dan Timur kembali bersatu. Yang perlu disayangkan mungkin adalah pecahnya Yugoslavia menjadi Serbia, Kroasia dan Bosnia. Karena menyebabkan terjadinya perang yang sangat sadis, pemerkosaan masal dan pembantaian etnis.

Gorbachev

Mikhail Gorbachev

Tahun 1991, Uni Soviet resmi berganti nama menjadi Republik Rusia.

Uni Soviet adalah negara yang pertama kali menjadi juara Eropa pada tahun 1960. Dan itu adalah prestasi terbaik mereka di sepak bola hingga saat ini. Pemain legendaris mereka adalah Lev Yashin, satu-satunya penjaga gawang yang pernah mendapatkan Ballon d’ Or sepanjang sejarah.

yashin

Lev Yashin, the Black Spider

Untuk Euro 2012, Rusia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Polandia, Yunani dan Republik Cheko. Pada partai pertama, Rusia akan berhadapan dengan Cheko pada tanggal 8 Juni 2012 jam 21.45 waktu Ukraina. Pertandingan akan dilangsungkan di Municipal Stadium, Wroclaw, Polandia.

Russia

Tim Nasional Rusia

municipal stadium

Municipal Stadium, Wroclaw

7 thoughts on “Rusia

  1. Ping-balik: Ubber Alles Der Panzer Germany | Sheanno's Blog

Ayo, Kasi Komentar doooong......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s