Perancis

France

Les Blues

Tahun 600 Sebelum Masehi, suku Ionia dari bangsa Yunani menemukan sejumlah perkampungan di Massalia, yang sekarang lebih dikenal dengan Marseille, di wilayah pantai Mediterania. Sementara di wilayah selatan terjadi pertempuran antara suku Galia dengan Kekaisaran Romawi. Pada tahun 390 Sebelum Masehi, suku Galia berhasil mengusir pasukan Roma. Tetapi pertempuran tetap terjadi selama bertahun-tahun di wilayah perbatasan. Pada tahu 125 Sebelum Masehi, wilayah Galia selatan kembali dikuasai Romawi.

Perancis

Peta Perancis

Galia terus menerus memberontak dari kekuasaan Roma hingga akhirnya memproklamirkan berdirinya Kekaisaran Galia pada tahun 274 Masehi. Tetapi kemudian mereka mendapat serangan lain dari kaum barbar dan suku-suku Germania. Pada akhirnya suku-suku Germania berhasil menguasai Galia dan membaginya menjadi beberapa kerajaan Frankia Germania.

Pada tahun 498, Clovis I yang merupakan penguasa Frankia Utara, berhasil menaklukkan berbagai kerajaan di wilayah tengah dan selatan dan menyatukannya menjadi Kerajaan Francia. Dan pada abad  X, seluruh kerajaan Frankia yang tersisa akhirnya bergabung bersama Francia untuk menghalau gelombang serangan dari perompak Viking. Dan setelah menjadi satu negara, Hugh Capet dinobatkan menjadi Raja Perancis yang pertama.

Pada tahun 1337, Perancis terlibat dalam Perang Seratus Tahun melawan Inggris. Peperangan berakhir tahun 1558 setelah Perancis berhasil merebut kembali seluruh wilayahnya dari kekuasaan Inggris. Pada abad XVIII, Perancis mendukung Amerika Serikat yang berusaha melepaskan diri dari kekuasaan Inggris Raya.

Di penghujung abad XVIII, monarchi di Perancis jatuh dan terjadi revolusi untuk menjadikan negara ini sebagai negara republik. Revolusi berawal dengan tuduhan pengkhianatan terhadap Raja Louis XVI yang dilanjutkan dengan hukuman Guillotine terhadap sang Raja dan istrinya Marie Antoinette. Perang saudara-pun meletus dan Perancis terbagi menjadi dua kubu. Kubu Les Blues yang mendukung Republik dan kubu Les Blanc yang mendukung Monarki. Perang terjadi dari tahun 1793 sampai 1796 menewaskan sekitar 450.000 rakyat Perancis.

Napoleon Bonaparte diangkat menjadi konsul yang kemudian berubah menjadi Kaisar pada tahun 1804. Di bawah kepemimpinannya, Perancis berhasil menaklukkan berbagai negara di Eropa. Pada tahun 1815, Napoleon dikalahkan oleh Koalisi Ketujuh dan Perancis kembali menjadi negara monarki. Setelah kembali berubah menjadi Republik dan Kekaisaran, akhirnya Perancis menjadi negara Republik untuk ketiga kalinya pada tahun 1870.

napoleon

Napoleon Bonaparte

Tanpa Napoleon, Perancis tetap melanjutkan usaha menaklukkan Eropa dan dunia. Hingga abad ke XX, Perancis memiliki jumlah koloni yang sangat banyak di seluruh dunia, terbesar kedua setelah Inggris. Perang Dunia sempat memporak-porandakan negara ini, tapi pada tahun 1944, Perancis kembali membentuk negara Republik untuk keempat kalinya. Dan semenjak tahun 1950-an, satu persatu negara jajahan Perancis mulai melepaskan diri dan menjadi negara merdeka.

Perancis adalah negara berteknologi tinggi dan merupakan negara dengan kekuatan militer terbesar ke 4 di dunia saat ini. Mereka memiliki sejumlah ilmuwan terkenal seperti, Descartes, Pascal dan Malebranche. Saat ini ibukota Perancis, yaitu Paris, adalah merupakan pusat mode dunia.

Dalam hal olahraga, Perancis juga dikenal sebagai salah satu kekuatan sepakbola dunia. Walaupun liga sepakbola mereka dianggap masih di bawah standar liga elit Eropa. Mereka adalah juara Euro 1984 dan 2000 dan juara dunia 1998. Mereka memiliki sejumlah pemain legendaris seperti Just Fontaine, Michel Platini dan Zinedine Zidane. Saat ini Michel Platini menjabat sebagai Presiden UEFA dan berhasil membuat aturan baru yang membatasi pengeluaran klub untuk belanja pemain.

Platini

Michel Platini, peraih Ballon d’ Or 1983, 1984, 1985

Untuk Euro 2012 ini, Perancis tergabung di Grup D bersama Ukraina, Swedia dan Inggris. Di partai pertama, Perancis akan berhadapan dengan Inggris pada tanggal 11 Juni 2012 pukul 19.00 waktu Ukraina di Dombass Arena, Donetsk, Ukraina. Untuk sementara hasil poling menunjukkan bahwa Perancis akan menjuarai Grup D, dan Inggris menjadi runner up.

Perancis

Iklan

9 thoughts on “Perancis

  1. Ping-balik: Ubber Alles Der Panzer Germany | Sheanno's Blog

Ayo, Kasi Komentar doooong......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s