Denmark

dynamite

Dinamit

Bersama negara Skandinavia lain seperti Norwegia dan Swedia, orang Denmark dikenal sebagai kaum perompak laut Viking pada abad ke VIII Masehi. Perkampungan mereka ditemukan oleh orang-orang Islandia pada abad  IX, hingga akhirnya mereka dijajah Inggris, Irlandia dan Perancis.

Pada tahun 1397, Denmark, Swedia dan Norwegia membentuk persatuan negara-negara  Skandinavia untuk mempertahankan wilayah mereka dari penjajah. Hanya saja, perlakuan yang tidak adil membuat Swedia melepaskan diri dari persatuan tersebut 125 tahun kemudian.

Pada tahun 1563 Denmark menyerbu Swedia dengan maksud memaksa Swedia agar bergabung kembali dengan Persatuan Skandinavia. Tapi walaupun Denmark menang, Swedia tetap menolak untuk kembali bergabung.

Selama beberapa ratus tahun kemudian, Denmark berhasil mengalahkan berbagai kerajaan di wilayah Skandinavia dan memperluas wilayah kekuasaannya.

denmark

Peta Denmark

Pada Perang Napoleon antara Inggris dan Perancis, Denmark memilih untuk menarik keuntungan dengan cara bekerjasama dengan keduanya dalam bidang perdagangan. Inggris menganggap tindakan Denmark ini sebagai sebuah pengkhianatan hingga mereka-pun meluluhlantakkan ibukota hingga ekonomi di Denmark menjadi lumpuh. Selanjutnya, Inggris menguasai jalur perdagangan laut Denmark dan Norwegia sehingga kedua negara ini menjadi bangkrut. Norwegia kemudian membentuk persatuan baru dengan Swedia tanpa Denmark. Tapi mereka meninggalkan warisan untuk Denmark berupa Islandia, Kepulauan Faroe dan Greenland.

Pada Perang Dunia II, Denmark berada di bawah kekuasaan Jerman dan pada saat itulah Islandia dan Kepulauan Faroe melepaskan diri dari Denmark dan mengumumkan kemerdekaan mereka. Setelah Perang Dunia usai, Denmark menjadi salah satu pendiri PBB dan NATO. Mereka aktif dalam memecahkan persoalan di Yugoslavia, Afganistan, Somalia, Korea dan lain-lain.

Pada tahun 1992, mereka gagal lolos ke Euro karena pada babak kualifikasi hanya menjadi Runner Up di bawah Yugoslavia. Tetapi karena Yugoslavia sedang terlibat perang dan pecah menjadi 3 negara, akhirnya Denmark menggantikan mereka. Tak disangka, justru akhirnya Denmark tampil sebagai juara Euro 1992.

Michael Laudrup yang merupakan pemain terbaik yang pernah dimiliki Denmark tidak ikut serta pada turnamen tersebut karena terlibat pertikaian dengan sang pelatih. Akibatnya sang adik, Bryan Laudrup justru tampil sebagai pahlawan yang membawa Denmark menjadi juara. Begitu juga dengan sang penjaga gawang yang tampil gemilang pada turnamen tersebut, akhirnya ditarik oleh klub Inggris, Manchester United dan menjadi legenda di sana. Sang penjaga gawang ini bernama Peter Schmeichel.

laudrup and schmeichel

Bryan Laudrup dan Peter Schmeichel, Euro 1992

Untuk Euro 2012 kali ini, Denmark tergabung di Grup B bersama Belanda, Jerman dan Portugal. Pada partai pertama, mereka berhasil menundukkan salah satu favorit juara, Belanda 1 – 0. Pada partai kedua besok malam, Denmark akan menjajal Portugal yang pada partai pertamanya telah dikalahkan oleh Jerman. Prediksi saya, Denmark juga akan mengalahkan Portugal.🙂

Denmark

Tim Dinamit Denmark

2 thoughts on “Denmark

Ayo, Kasi Komentar doooong......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s