Swedia

Swedia

Kaum Viking Swedia dikenal di perairan Skandinavia mulai Abad VII sampai abad XI Masehi. Pada abad XVII, mereka menjadi salah satu kerajaan terkuat di Eropa dengan menguasai hampir seluruh Eropa Utara. Luas jajahan mereka adalah ketiga terbesar setelah Rusia dan Spanyol.

Swedia

Peta Swedia

Pada abad XVIII mereka mencoba menginvasi Rusia dan gagal. Hal ini menyebabkan kejatuhan monarki di Swedia. Pada Perang Dunia II mereka berusaha bersikap netral, tapi akhirnya dikuasai oleh Jerman. Setelah perang usai, mereka bergabung dengan NATO dan dengan cepat berhasil membangun kembali stabilitas ekonomi dengan industri teknologinya. Saat ini Swedia dikenal sebagai salah satu penguasa teknologi telepon seluler dunia.

Swedia memang bukan negara yang terkenal dengan kekuatan sepakbolanya. Tapi selalu ada sejumlah bakat hebat dari negeri ini yang bermain di liga elit Eropa. Saat ini mereka memiliki seorang penyerang yang sangat hebat. Mungkin yang terbaik yang pernah dimiliki Swedia. Ia bernama Zlatan Ibrahimovic. Seorang muslim keturunan Bosnia dengan temperamen yang tinggi. Ia pernah bermain untuk Ajax, Juventus, Internazionale, Barcelona dan saat ini ia adalah top skorer Serie A yang bermain untuk AC Milan.

Ibra

Zlatan Ibrahimovic

Di Euro 2012 ini, Swedia tergabung di Grup D bersama dengan tuan rumah Ukraina, Perancis dan Inggris. Pada partai pertama beberapa hari yang lalu, Swedia dikalahkan Ukraina 2 – 1. Sedangkan pada partai kedua besok malam harus berhadapan dengan Inggris. Cukup berat sebenarnya, tapi saya punya feeling kalau Swedia akan mampu merebut poin pada pertandingan ini.🙂

Sweden

Tim Nasional Swedia

6 thoughts on “Swedia

Ayo, Kasi Komentar doooong......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s