Poin yang Menentukan Lolos Tidaknya Sebuah Tim ke Perempat Final Euro 2012

euro 2012

Wokehh…… Sepertinya masih banyak yang belum mengerti, mengapa Yunani dikatakan lebih berhak lolos ke Perempat Final Euro 2012 daripada Rusia. Padahal poin keduanya sama dan selisih gol Rusia lebih baik daripada Yunani. Rusia memasukkan 5 gol dan kemasukan 3 gol, sementara Yunani memasukkan 3 gol dan kemasukan 3 gol.

Baiklah, mari kita lihat hasil akhir klasemen Grup A berikut ini;

klasemen grup a

Gambar 1: Hasil Akhir Klasemen Grup A

Pada Gambar 1 di atas terlihat bahwa Yunani dan Rusia memiliki poin yang sama yaitu 4 (lihat kolom PT). Sementara selisih gol Rusia; 5 – 3 = 2, lebih baik daripada Yunani; 3 – 3 = 0 (lihat kolom S). Lalu mengapa Yunani lebih berhak menempati posisi ke 2 dan melaju ke perempat final?

Seperti kita ketahui, POIN adalah indikator utama yang menentukan peringkat sebuah tim (kolom PT). Poin 3 didapat jika sebuah tim memenangkan suatu pertandingan, poin 1 jika berakhir imbang dan poin 0 jika kalah. Jika dua buah tim memiliki poin yang sama, maka peringkat ditentukan oleh head to head dari kedua tim tersebut. Apa itu Head to Head? Head to Head adalah hasil yang didapat jika kedua tim yang memiliki poin sama tersebut diadu. Dalam hal ini Yunani berhasil mengalahkan Rusia 1 – 0 saat keduanya diadu. Karenanya Yunani berhak menempati posisi di atas Rusia dan lolos ke perempat final.🙂

Sekarang mari kita lihat seandainya Belanda berhasil mengalahkan Portugal 2 – 0 dan Jerman mengalahkan Denmark 1 – 0.

grup b

Gambar 2: Klasemen grup B ini hanya perumpamaan, bukan hasil akhir sebenarnya.

Pada Gambar 2 di atas terlihat bahwa Belanda berhak menempati posisi kedua dan lolos ke perempat final jika berhasil mengalahkan Portugal 2 – 0 sementara Denmark kalah dari Jerman. Mengapa Belanda berhak menempati posisi ke 2? Bukankah secara head to head Belanda kalah 0 – 1 dari Denmark?

Ya, secara head to head Denmark lebih berhak menempati posisi ke 2 dibandingkan Belanda. Tapi perlu diingat, Portugal juga memiliki nilai yang sama dengan Belanda dan Denmark, yaitu 3. Dan secara head to head, Portugal lebih berhak berada di posisi kedua karena telah mengalahkan Denmark 3 – 2.

Tapi, heiii…. Belanda lebih berhak juga karena telah mengalahkan Portugal 2 – 0. Berarti, tim mana yang sebenarnya lebih pantas berada di posisi kedua? Belanda, Denmark atau Portugal??

Tidak ada yang pantas berada di posisi ke 2 jika berdasarkan Head to Head karena ketiga tim ini saling mengalahkan. Karenanya indikator lain perlu diadakan yaitu; selisih gol.

Jika kita lihat pada Gambar 2 di atas, selisih gol Belanda (3 – 3 = 0) itu lebih baik daripada Denmark (3 – 4 = -1) dan Portugal (3 – 5 = -2). Karenanya Belanda lebih berhak berada pada posisi ke 2. Begitu lhoo…..🙂

Bagaimana jika selisih golnya juga sama?

Jika itu terjadi maka tim yang lebih produktif mencetak gol berhak menempati posisi yang lebih baik. Misalnya selisih gol Belanda adalah; 3 – 3 sementara Denmark; 4 – 4. Walaupun selisih gol keduanya sama-sama 0, tapi karena Denmark lebih produktif mencetak gol dibandingkan Belanda (Denmark 4 dan Belanda 3), maka Denmark berhak ditempatkan pada posisi yang lebih tinggi dibandingkan Belanda.

Bagaimana jika produktifitas gol-nya juga sama?

Hehehehe…. sampai saat ini hal itu belum pernah terjadi. Tapi jika sampai terjadi berarti UEFA harus membuat aturan baru.😛

Update:

Review Grup B Euro 2012

Review Grup C Euro 2012

6 thoughts on “Poin yang Menentukan Lolos Tidaknya Sebuah Tim ke Perempat Final Euro 2012

  1. Jujur aja, saya ga suka dengan aturan baru UEFA ini.😦
    Bukan karena membingungkan, tapi karena saya kasihan ama Rusia.😛
    Itu selisih gol lebih banyak, harusnya lihat dari itu aja.😆
    Tapi setelah sy pikir2, ini menguntungkan Jerman. Jerman ga usah melawan Rusia, dan saya rasa Jerman diuntungkan karena “hanya” melawan Yunani.:mrgreen:

    • Aturan Head to Head ini membuat setiap tim bergantung pada kemampuannya sendiri, Kang Asop.🙂
      Jika aturan ini tidak ada, Rusia akan bermain santai saat menghadapi Yunani, karena Yunani harus mengalahkan mereka 3 – 0 untuk bisa lolos. Dan Yunani sendiri mungkin akan bermain tanpa semangat karena merasa tidak mungkin bisa menang 3 – 0 melawan Rusia. Pada akhirnya, pertandingan menjadi tidak menarik.🙂

Ayo, Kasi Komentar doooong......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s