La Roja Espana

Del Bosque kembali tidak memasukkan seorang striker-pun dalam starting line up-nya. Padahal dengan formasi ini Spanyol gagal mengalahkan Italia pada putaran grup lalu. Tapi ternyata kali ini ia benar. Spanyol menghabisi Italia 4 – 0 pada partai final semalam dan berhasil mempertahankan gelar juara Euro 2012.

Vicente del Bosque

Vicente del Bosque, pelatih Spanyol

Tidak hadirnya David Villa pada turnamen ini dan tidak stabilnya penampilan Fernando Torres membuatnya lebih senang menurunkan gelandang kreatif di barisan depan Spanyol. Walaupun media Spanyol tidak menyukainya dan mengatakan bahwa ‘menguasai bola selama mungkin itu tidak ada artinya jika tidak bisa mencetak gol’. Del Bosque berhasil membungkam media. Para gelandangnya terbukti mampu menjebol gawang Italia. Mengapa begitu mudah bagi Spanyol mencetak gol ke gawang Italia semalam? Padahal pada pertemuan pertama mereka nyaris dikalahkan Italia sebelum Cesc Fabregas berhasil menyamakan kedudukan.

Saya kira penyebabnya cukup simpel. Spanyol justru sulit meraih kemenangan jika bertanding melawan tim yang takut menghadapi mereka. Tim yang takut menghadapi Spanyol akan tampil dengan sistem pertahanan berlapis, sedangkan tim yang tampil percaya diri akan keluar menyerang. Tim yang berani tampil menyerang inilah yang akan dilibas habis oleh Spanyol, walaupun tim tersebut terkenal dengan pertahanan gerendelnya yang sulit ditembus.

Itulah yang terjadi dengan Italia. Walaupun pada putaran grup mereka lebih dulu unggul saat menghadapi Spanyol, tetapi secara keseluruhan penampilan mereka kurang impresif dan secara mental, mereka memang tidak mengejar trofi juara. Tetapi setelah mengobrak-abrik pertahanan Inggris dan Jerman hingga lolos ke final, mereka tampil dengan mental yang berbeda. Mereka punya keyakinan bahwa Azzurri lebih baik dari Spanyol. Apalagi karena Spanyol tidak mampu menundukkan Portugal dalam 120 menit.

Jika kita bicara komposisi pemain, barisan depan Italia memang lebih baik daripada Spanyol. Kombinasi Balotelli, Cassano, Diamanti dan Montolivo memang lebih padu dibandingkan Torres, Negredo, Llorente dan Pedro. Tapi jika bicara barisan tengah, maka Spanyol lebih baik daripada Italia. Tim Azzurri memang memiliki jenderal lapangan tengah yang hebat dalam diri Andrea Pirlo. Tapi hanya Pirlo gelandang terhebat yang mereka miliki. Gelandang lainnya berada pada level jauh di bawah Pirlo. Sementara bintang-bintang hebat Spanyol justru bertaburan di barisan tengah. Rata-rata mereka memiliki kualitas yang setara dengan Pirlo jika tidak lebih baik.

Gol pertama Spanyol semalam dicetak oleh David Silva, gelandang yang menjadi roh permainan juara Liga Inggris, Manchester City. Beberapa bulan yang lalu, Silva sempat curhat kepada media ย karena jarang dipanggil Del Bosque untuk membela Spanyol. Padahal ia adalah seorang idola di sisi biru kota Manchester. Hal ini sempat membuat Del Bosque marah, tapi akhirnya ia mulai sering menjajal Silva dalam beberapa pertandingan internasional. Dan Silva menjawabnya dengan permainan yang memukau sehingga Del Bosque-pun membawanya ke Euro 2012.

balotelli silva

David Silva dan rekannya di Manchester City, Mario Balotelli.

Gol kedua Spanyol dicetak oleh Jordi Alba, bek kiri baru Barcelona yang baru saja dibeli dari Valencia. Gol tersebut tercipta sebelum babak pertama berakhir. Alba sempat menjadi cantera di akademi La Masia milik Barca, sebelum pindah ke Valencia.

alba

Jordi Alba

Gol ketiga dicetak oleh Fernando Torres yang masuk menggantikan Cesc Fabregas di babak kedua. Gol ini membuat Torres merebut Golden Boot Award karena mencetak 3 gol dalam jumlah menit permainan yang lebih sedikit dibandingkan pencetak 3 gol lainnya di Euro 2012.

Fernando Torres

Fernando Torres dan putra-putrinya.

Gol keempat Spanyol dicetak oleh rekan Torres di Chelsea yaitu Juan Mata yang masuk menggantikan Andres Iniesta pada menit ke 87.

Mata

Juan Mata melengkapi penderitaan Gianluigi Buffon.

Andres Iniesta sendiri menurut sejumlah pengamat dianggap sebagai pemain terbaik sepanjang Euro 2012 ini. Berarti saya tidak salah jika menjagokannya sebagai pemenang Ballon d’ Or 2012.

Andres Iniesta

Iniesta menari bersama lima pemain Italia.

Begitulah akhir dari Euro 2012. Saya sangat puas dengan akhir ceritanya. Anda sendiri bagaimana? ๐Ÿ™‚

Iklan

10 thoughts on “La Roja Espana

Ayo, Kasi Komentar doooong......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s