Pertunjukan Sinetron di Olimpiade

artis sinetron olimpiade

Kabar memalukan datang dari London saat atlet ganda putri bulutangkis Indonesia, Meiliana Jauhari/Greysia Polii, di-diskualifikasi oleh BWF akibat permainan yang tidak sportif. Mereka harus menerima cemoohan penonton yang kecewa dengan pertunjukan sinetron yang mereka tampilkan. Tapi mereka tidak sendiri. Satu pasangan asal China dan dua pasangan asal Korea juga menerima hukuman yang sama.

Berawal dengan adanya format baru untuk event bulutangkis di Olimpiade London ini, yaitu berupa babak grup layaknya ajang sepakbola Piala Dunia, dengan dua tim terbaik dari tiap grup berhak lolos ke babak delapan besar.  Tian Qing/Zhao Yunlei, ganda putri China yang merupakan unggulan kedua pada turnamen ini, secara mengejutkan kalah dari pasangan Denmark, Christinna Pedersen/Kamilla Rytter-Juhl. Tian/Zhao tetap lolos ke perempat final, tapi dengan status runner up grup. Hal ini menyebabkan pasangan China ini berpotensi menghadapi pasangan China lainnya, yaitu Wang Xiaoli/Yu Yang yang merupakan pasangan peringkat satu dunia, sebelum mencapai final. Kecuali Wang/Yu juga lolos dengan status runner up grup di perempat final.

Dan memang itulah yang terjadi. Wang/Yu kalah dari pasangan Korea, Jung Kyung Eun/Kim Ha Na, dengan straight set kurang dari 30 menit. Sebagai runner up Grup A, Wang/Yu tidak akan mungkin bertemu dengan Tian/Zhao di semifinal dan akan berhadapan dengan juara Grup C di perempat final. Dua pasangan yang sudah pasti lolos di Grup C harus saling berhadapan untuk menentukan juara dan runner up grup. Kedua pasangan ini adalah Ha Jung-Eun/Kim Min-Jung dari Korea dan Meiliana/Greysia (Indonesia). Partai penentuan di Grup C ini akhirnya menjadi salah satu partai terburuk bulutangkis yang pernah ditampilkan di pentas dunia. Kedua pasangan tidak ingin menang. Tidak ingin menjadi juara grup yang berarti menghadapi Wang/Yu di perempat final. Penonton kecewa. Wasit beberapa kali menghentikan pertandingan dan menegur pemain. Tidak lagi penting siapa yang menang, apakah artis sinetron Indonesia atau artis drama K-pop Korea. Mereka semua kena diskualifikasi. Termasuk peringkat satu dunia Wang/Yu dan lawan terakhir mereka Jung/Kim.

Awalnya tim Indonesia berniat mengajukan banding tapi akhirnya dibatalkan. Baguslah. Jangan sampai dunia menganggap Indonesia sebagai bangsa yang tak tahu malu. Kalau tim Korea tetap mengajukan banding itu wajar karena hanya satu pasangan yang bermain drama K-pop, sementara pasangan lainnya sudah bermain sportif dengan mengalahkan Wang/Yu. Walaupun Wang/Yu sendiri bermain angin-anginan.

Siapa yang harus bertanggungjawab dengan kejadian memalukan ini? Meiliana dan Greysia rasanya memang akan menerima hukuman. Bagaimana dengan para pelatih dan pimpinan kontingen Indonesia? Apakah mereka juga akan menerima hukuman? Entah terlibat atau tidak dalam memutuskan untuk mengalah?

Nando

7 thoughts on “Pertunjukan Sinetron di Olimpiade

  1. Sungguh memalukan. Alasan dan latar belakangnya bisa ‘dimengerti’ sih, tapi tetap saja itu tidak menjustifikasi keputusan yang mereka lakukan. Seperti kita mungkin mengerti bahwa seseorang membutuhkan uang, tetapi tidak harus dengan cara mencuri dong… .

    Inilah satu hal yang membuatku agak kurang ‘sreg’ mengikuti pertandingan-pertandingan olahraga badminton gitu, hmmm. Rasanya ada ‘intrik-intrik’ gitu, hmmm. Entah ini benar atau tidak yah…

  2. wajar sih kalau gres/meliana bertindak seperti itu, pasti mereka pengen bisa masuk ke babak minimal semifinal atau final. Dan tentu itu sulit dicapai dengan kemungkinan berhadapan ganda terbaik dunia.

  3. tidak mungkin offisial dan pelatih tidak terlibat. kalo kepala pelatih china Li Yong Bo langsung mendukung keputusan IOC dan WBF, ehhh ofisial kita malah protes. benar2 edan

Ayo, Kasi Komentar doooong......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s