17 Ramadhan 1433 H

Nuzulul Qur'an

“Bacalah…!” Seru Jibril kepadanya.

“Saya tidak bisa membaca,” sahut Muhammad kepada Jibril. Saat itu ia belum tahu kalau Allah telah mengangkatnya sebagai Rasul.

Begitulah awal diturunkannya wahyu Allah kepada Rasulullah sebelum kemudian dituliskan kembali dalam bentuk kitab suci Alqur’an oleh para sahabat.

Selama bertahun-tahun saya menganggap bahwa peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 17 Ramadhan yang hingga kini diperingati sebagai Nuzulul Qur’an, malam diturunkannya ayat suci Alqur’an untuk pertama kali.

Tetapi setelah googling baru saya sadari bahwa ternyata banyak pendapat yang tidak setuju kalau tanggal 17 Ramadhan itu adalah Nuzulul Qur’an. Indikasi utamanya adalah surah Al Qadr ayat satu, yaitu;

إِ نَّآ أَنْزَلْنَهُ فِى لَيْلَةِ الْقَدْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada Malam Kemuliaan (Lailatul Qadr)”

Jika merujuk pada ayat tersebut, itu artinya Nuzulul Qur’an dan Lailatul Qadr adalah malam yang sama. Benarkah demikian? Lalu mengapa selama ini kita menganggap tanggal 17 Ramadhan sebagai malam Nuzulul Qur’an?

Banyak yang menganggap bahwa surah Al Alaq (Iqra) diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan, terpisah dari surah lainnya. Tetapi setelah ditelusuri, Al Alaq diturunkan pada 21 Ramadhan. Silakan anda googling dengan keyword ‘Nuzulul Qur’an’. Anda akan menemukan banyak sekali artikel yang membahas masalah ini. Tapi kalau anda ngga mau repot googling, anda bisa membaca salah satu artikelnya di sini.

Manakah yang benar di antara pendapat-pendapat tersebut? Wallahu A’lam Bishawab. Anda ikhtiar sendiri aja ya, Sobat…

Bekasi, 17 Ramadhan 1433 H

Nando

4 thoughts on “17 Ramadhan 1433 H

Ayo, Kasi Komentar doooong......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s