Samba Brasileiro

Samba

Brazil adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang memiliki luas nomor lima terbesar di dunia. Negeri ini ditemukan oleh Pedro Alvares Cabral, seorang penjelajah asal Portugal, pada tahun 1500. Saat ditemukan, negeri ini masih terdiri dari ratusan suku yang mendiami berbagai wilayah di Brazil. Cabral kemudian mengklaim negeri ini sebagai salah satu jajahan Portugal.

Monumen Cabral di Lisbon, Portugal

Monumen Cabral di Lisbon, Portugal

Kemerdekaan berhasil didapat dengan terbentuknya negara Kekaisaran Brazil pada tahun 1822. Negara ini kemudian berubah menjadi republik setelah pihak militer berhasil menggulingkan Kaisar Dom Pedro II pada tahun 1889.

Dom Pedro II of Brasil

Dom Pedro II of Brasil

Selama hampir satu abad, Brazil sempat merasakan masa-masa suram kediktatoran junta militer. Hingga akhirnya pada tahun 1954, Getulio Vargas, presiden terakhir yang didukung militer, tewas bunuh diri.

Getulio Vargas

Getulio Vargas

Perlahan-lahan Brazil mulai memperbaiki infrastruktur dan menjadi negara full demokrasi pada tahun 1980an.

Luas daratan Brazil di Amerika Selatan

Luas daratan Brazil di Amerika Selatan

Dalam bidang olahraga, semua orang tahu kalau Brazil adalah negerinya para maestro sepakbola dunia. Brazil sudah menjadi juara dunia sepakbola sebanyak lima kali, yaitu pada tahun 1958, 1962, 1970, 1994 dan 2002. Dan hingga sekarang belum ada negara lain yang bisa menyamai prestasi tersebut.

Logo Asosiasi sepakbola Brazil

Logo Asosiasi sepakbola Brazil

Legenda terbesar mereka sudah tentu adalah Pele, yang memiliki nama asli Edson Arantes do Nascimento. Sepanjang karirnya, ia telah mencetak 1281 gol dan menjadi satu-satunya pemain yang telah tiga kali menjadi juara dunia (1958, 1962 dan 1970).

Pele dan Piala Jules Rimet

Pele dan Piala Jules Rimet

Pahlawan Brazil lainnya adalah Romario de Souza Faria yang memimpin rekan-rekannya merebut Piala Dunia tahun 1994. Dan Ronaldo Luis Nazario de Lima yang membawa Brazil menjadi Juara Dunia tahun 2002.

Romario Faria

Romario Faria merayakan kemenangan pada Piala Dunia 1994 di AS.

Tahun 2014 ini, Brazil terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia. Sayangnya rakyat Brazil sendiri kurang mendukung adanya event akbar ini. Mereka menganggap pemerintah telah menghabiskan dana terlalu banyak untuk persiapan Piala Dunia di tengah krisis ekonomi yang tengah melanda negeri ini.

Ronaldo

Ronaldo membawa timnya menjadi juara Piala Dunia 2002 dan menjadi top skorer pada event di Korea dan Jepang tersebut.

Brazil tergabung di Grup A bersama Mexico, Kroasia dan Kamerun. Pada pembukaan Piala Dunia nanti, Brazil akan menghadapi Kroasia di Stadion Arena de Sao Paolo pada tanggal 12 Juni 2014. Diharapkan, Neymar akan menjadi pahlawan baru bagi tim samba Brazil.

Neymar Jr

Neymar Jr

Fifa World Cup 2014 Logo

Iklan

5 thoughts on “Samba Brasileiro

Ayo, Kasi Komentar doooong......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s