Menjelang Akhir Musim Kompetisi

Liga sepakbola Eropa

Mohon maaf karena sekali lagi saya membahas sepakbola. Ketatnya persaingan menjelang akhir musim kompetisi Eropa, membuat saya semakin intens mengikuti perkembangannya. Dan…. pembahasan tentang sepakbola sepertinya masih akan berlanjut karena kejuaraan antar negara Eropa akan dilangsungkan segera setelah musim kompetisi ini berakhir. ๐Ÿ™‚

Saya awali dengan La Liga Primera Spanyol. Saat ini semua tim di La Liga tinggal menyisakan masing-masing 5 pertandingan lagi yang berarti ada 15 poin yang masih bisa diperjuangkan. Antara Real Madrid dan Barcelona hanya terpaut 4 poin saja di puncak klasemen Liga Spanyol, sehingga masih banyak kemungkinan yang bisa terjadi hingga akhir musim. Terlebih lagi karena Real Madrid masih harus bertandang ke Camp Nou minggu depan untuk menghadapi tuan rumah Barca. Banyak yang memprediksikan bahwa Madrid akan tersungkur di Camp Nou minggu depan sehingga jarak poin yang akan tersisa tinggal 1. ย Tetapi saya harus setuju dengan pendapat Pep Guardiola bahwa tidak mudah merebut 3 pon dari tim sekelas Real Madrid, walaupun pertandingan tersebut dilangsungkan di Camp Nou. Dan walaupun Barca sudah menaklukkan Madrid di Santiago Bernabeu, Real Madrid adalah Real Madrid, tim pemegang supremasi Eropa dengan 9 gelar.

Sebelum saling berhadapan minggu depan, kedua tim ini masih harus melewati partai yang sangat berat di semifinal Champions League pada midweek besok. Madrid harus menghadapi Muenchen dan Barca menghadapi Chelsea. Saya yakin hasil pertandingan pada midweek tersebut akan berpengaruh pada kesiapan mental Madrid dan Barca saat berduel di El Clasico.

Menurut anda, siapa yang akan menang pada El Clasico di Camp Nou minggu depan?

Saat ini antara pemuncak klasemen Premier League Inggris, Manchester United dengan peringkat 2 Manchester City hanya terpaut 3 poin. Tetapi Man Utd masih memiliki 5 partai yang harus dijalankan ย sementara Man City tinggal 4 partai. Sangat sulit untuk memprediksi siapa yang akan menjadi juara. Jika bicara kualitas individu, pemain City lebih baik daripada United. Tapi sebagai sebuah tim, United jelas lebih solid dan semua pemain bersedia berkorban demi kepentingan tim. Ini jelas berbeda dengan Manchester City yang memiliki 2 bocah bandel tapi memiliki skill tinggi, yang selama ini membuat pusing sang pelatih Roberto Mancini. Mereka adalah Carlos Tevez dan Mario Ballotelli.

Tapi saat ini Tevez sudah mulai patuh pada sang pelatih dan kembali menunjukkan performa terbaiknya. Sedangkan Ballotelli sudah meminta maaf kepada Mancini secara terbuka di depan pers, walaupun saya sendiri masih meragukan kalau ia sudah berubah.

Tetapi dengan dukungan Sergio Aguero, Samir Nasri, Edin Dzeko, playmaker David Silva, James Milner dan Yaya Toure, ย ya…. Manchester City masih berpeluang menjadi juara. Bagaimana menurut anda?

Siapa sangka bahwa Juventus yang saat ini ditangani mantan bek kanan-nya, Antonio Conte, ternyata mampu menunjukkan taringnya di Serie A. Masih ada 6 partai yang tersisa bagi masing-masing tim di Serie A dan anak-anak asuhan Conte adalah satu-satunya tim yang belum mengalami kekalahan. Antonio Conte dan sang ikon, Alessandro Del Piero pernah bermain bersama selama beberapa musim di Juventus. Conte sangat menghormati kapten Del Piero saat itu. Tapi saat ini, Del Piero yang harus lebih menghormati Conte sebagai pelatihnya.

Saat ini, Juventus berada di puncak klasemen Serie A dikuntit oleh juara bertahan AC Milan di tempat kedua dengan selisih poin hanya 1. Masih banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Siapapun yang menjadi juara, keduanya pantas mendapat penghormatan karena terus bersaing hingga akhir. Siapapun pelatih yang kalah di antara keduanya, maka ia tidak pantas dipecat. Itu menurut saya. ๐Ÿ™‚

Borussia Dortmund hampir dipastikan kembali mempertahankan gelar juara Bundesliga Jerman musim ini. Dengan selisih 8 poin dengan peringkat 2 Bayern Muenchen dan sisa 3 pertandingan, rasanya cukup mustahil bagi Muenchen untuk membalikkan keadaan, kecuali jika Muenchen bisa memenangkan semua partai yang tersisa sementara Dortmund kalah pada semua partai yang tersisa. Cukup sulit. Ditambah lagi Munchen masih harus menghadapi Real Madrid pada semifinal Liga Champion pada midweek ini. Sepertinya Muenchen sudah melupakan Bundesliga dan fokus ke Liga Champions. karena partai final Liga Champions musim ini akan dilangsungkan di kandang mereka Allianz Arena.

Tapi karena saya yakin penggemar Muenchen di Indonesia lebih banyak daripada penggemar Dortmund, baiklah saya buat pollingnya juga. ๐Ÿ™‚

Iklan

8 thoughts on “Menjelang Akhir Musim Kompetisi

    • @Urang Kampung, saking serunya, saya hanya berani prediksi Dortmund sebagai juara Bundesliga. ๐Ÿ™‚
      @Sulung, hehehe… secara mental Emyu emang lebih siap jadi juara.
      @Misstitisari, siapa aja jagoannya?
      @Abed, berat Gan. Juve belum terkalahkan. ๐Ÿ™‚

Ayo, Kasi Komentar doooong......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s