Perayaan Galungan di Monas

Tari Bali

Kamis, 22 Maret 2012 kemarin, saya ikut meliput perayaan Galungan yang dilangsungkan di areal Tugu Monas. Acara diawali dengan doa dan pemberkatan dan dilanjutkan dengan berbagai tarian khas Bali yang sudah terkenal di seluruh dunia.

pemberkatan

Pemberkatan

setelah pemberkatan

Foto dulu setelah pemberkatan. Klik!

Sebelum tari-tarian dimulai, tentunya para peserta harus berlatih dulu, bukan? Kita simak foto berikut sama-sama, yaaa…

galungan di Monas

Yooo…. semangat latihannya!!!

Galungan di Monas

Dua ekor menjangan kecil tengah berlatih menari.

Galungan di Monas

Duh, panasnya Jakarta….

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo datang sekitar jam 4 sore disambut dengan sejumlah tarian.

Galungan di Monas

Tarian burung

Galungan di Monas

Haaaiiiii…….

Galungan di Monas

Ehem…. Ngintip sebentar ke ruang ganti penari.

Setelah acara tarian, Fauzi Bowo memberikan sambutan dalam rangka Hari Raya Galungan dan menjelang Hari Raya Nyepi. Ia juga menyerahkan piala penghargaan yang diterima oleh seorang perwakilan dari masyarakat Hindu. Fauzi Bowo sempat-sempatnya ‘nyepam’ dengan mengatakan bahwa selain piala tersebut, ia juga akan memberikan dana untuk membantu pelaksanaan acara Galungan tahun depan di Monas dan juga mengatakan bahwa pemerintahan di DKI yang ada saat ini sebaiknya didukung agar bisa berlanjut hingga lima tahun ke depan. Hohoho… Nyepam koq di depan blogger. :P

Setelah berpidato, Fauzi Bowo membuka acara tarian Ogoh-ogoh. Anda tau Ogoh-ogoh? Semacam ondel-ondel, tapi berbeda dengan punya orang Jakarta. :)

Galungan di Monas

Fauzi Bowo bersiap membuka acara tarian Ogoh-ogoh.

Galungan di Monas

Betulin blangkon dulu sesaat sebelum acara dimulai

Galungan di Monas

Acara sudah dimulai. Angkat Ogoh-ogohnyaaaa….

Galungan di Monas

Pertarungan Ogoh-ogoh di dekat Monas

Galungan di Monas

Little Krishna beraksi

Galungan di Monas

Ogoh-ogoh terbang dan menangkap seorang wanita.

Galungan di Monas

Breath of Fire

RALAT

Ada masukan dari Mas Nyoman dan Mas Sugeng dari Tabanan. Perayaan tanggal 22 Maret kemarin itu ternyata bukan Galungan, tapi pengerupukan menjelang Hari Raya Nyepi. Hwaduuuh…. Mohon dimaafkan kekhilafan saya yang awam ini, yaaa……..

Foto-foto di atas diambil menggunakan kamera pinjaman, Nikon D7000. Hehehe…..

www.pondokmaya.com

About these ads

50 gagasan untuk “Perayaan Galungan di Monas

  1. pak nando ngalahin wartawan profesional nih, wah telinga blogger setajam silet sampai nangkep nyepamnya pak gub. he he selalu ada udang dibalik perayaan buat pemerintah..

  2. Mas Nando…. ada yang salah dalanm judulnya. Keknya bukan Galungan deh karena Galungan itu dirayakan setiap 210 hari sekali (6 bulan kalender bali). Dan Galungan yang terdekat sudah dulaksanakan bulan Februari kemarin dan yang akan datang bulan Agustus sebelum lebaran. Mungkin kalau arak-arakan ogoh-ogoh itu pas hari Nyepi dan memang dilaksanakan tanggal 22 Maret kemarin.

    Btw, foto-fotonya bagus mas. Saya yakin ini pasti diambil dengan kamera DSLR. Kalau di blogku cuman foto dari HP doang :lol:

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

      • Siipp, pengerupakan. Intinya membuang roh jahat yang bersemayam di dalam tubuh manusia dan diwujudkan dalam bentuk bhutakala (ogoh-ogoh) kemudian diarak keliling lingkungan rumah dengan diikuti berbagai macam bebunyian (untuk mengusirnya). Kemudian bhutakala tersebut dibakar. Itu kalau yang dilakukan disini, tapi kalau di monas membakarnya dimana :?: bisa-bisa dianggap demo menolak Foke :lol:

    • @Abed, hahaha… trauma sama Malaysia, ya? Kalo budaya Bali sepertinya ngga perlu dipatenkan, karena sudah terkenal di seluruh dunia. Saya yakin India-pun ngga berani klaim budaya Bali. :)

      • So pasti sob,,,nanti kalau lama-lama gak di hak patenkan ntar banyak negara yang mengklaim bahwa budaya Bali dari blablabla…. :)

  3. waahh keren ya om.. tapi kok di Palembang ndak ada ya?? padahal asyik juga kalo disini ada.. suka liat tarian2 Bali.. hmm, semoga kapan2 bisa liat perayaan galungan langsung di Bali.. hehe

    tapi yang paling keren darisini mah, hasil jepretannya om nando.. te-o-pe dah.. :D

  4. Ping-balik: Nikon D7000 16.2MP DX-Format CMOS DSLR | Nando's Base

  5. Mas Nando, nice post, especially yang gambar “Fauzi Bowo bersiap membuka acara tarian Ogoh-ogoh.”, karena ada saya di sebelahnya pak gubernur :D kalau masih ada stock gambar yang itu boleh dong kirim ke saya: gde_gtct@yahoo.com. Terim kasih sebelumnya mas

    Salam,
    Gde

  6. Mas Nando, foto yang paling bagus: “Fauzi Bowo bersiap membuka acara tarian Ogoh-ogoh.”, karena ada saya di sebelahnya pak gubernur :D Kalau masih ada stock foto yang sejenis dengan angle yang berbeda boleh dong kirimin ke saya, kemarin nggak sempat bawa kamera jadi ngga ada dokumentasi hiks2
    Trims mas.

    Salam,
    Gde

Ayo, Kasi Komentar doooong......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s